Ini Dia 5 Pabrikan Bus Dengan Volume Penjualan Terbesar Didunia

Tampilan salah satu bus produksi Daimler Group (Sumber Gambar/Instagram/Daimler)

Hampir setiap harinya pasti ada saja bus baru yang dirilis dari karoseri bus Indonesia maupun dunia, terutama pada segmen bus antar kota atau intercity. Namun pernahkah kamu bertanya-tanya siapa produsen bus terbesar didunia? Berdasarkan data dari carlogos, berikut 5 pabrikan bus dengan volume penjualan terbesar didunia pada tahun 2019 lalu.

Tampilan Bus Produksi Yutong (Sumber Gambar/Instagram/Busandcoachbuyer)
Tampilan Bus Produksi Yutong (Sumber Gambar/Instagram/Busandcoachbuyer)

Pertama, Yutong

Zhengzhou Yutong adalah salah satu produsen bus yang berasal dari Tiongkok (china). Produk bus produksi Yutong sendiri cukup terkenal di dunia, kendaraan produksi Yutong dikenal akan kenyamanan dan kemewahannya.

Baca Juga: SPEED LIMITER Salah Satu Fitur Keselamatan Pada Bus

Sehingga kerap kali bus ini dieksport ke negara-negara dikawasan Asia seperti India, hingga Australia. Selain itu Yutong sendiri juga telah mendominasi pasar bus domestik (Tiongkok), bahkan produk bus produksinya sudah memasuki pasar bus timur tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika Latin.

Berdasarkan volume penjualan tahun 2019 lalu, pabrikan Yutong tercatat telah menjual armada bus dengan jumlah sekitar 58.688 unit.

Tampilan Salah Satu Bus Coaches Produksi Daimler Group (Sumber Gambar/Instagram/Daimler)
Tampilan Salah Satu Bus Coaches Produksi Daimler Group (Sumber Gambar/Instagram/Daimler)

Kedua, Daimler Benz

Merek bus yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta bus di Indonesia, Daimler Benz sendiri merupakan satu grub dengan Mercedes Benz, yang mana mercedes Benz bertugas untuk memproduksi kendaraan bus dan truck.

Produk bus produksi Daimler (Mercedes Benz) telah mendunia dan terkenal disejumlah Kawasan, salah satunya di Asia Tenggara serta banyak digunakan Di Indonesia. Selain itu merek Daimler Benz sendiri sangat dikenal akan kemewahan dan kecanggihan yang ditawarkannya.

Baca Juga: Pesona Body Bus Ultra High Decker Yang Memikat Penggunanya

Berdasarkan volume penjualan tahun 2019, Daimler Benz tercatat telah menjual produk busnya sekitar 32.612 unit dengan begitu Daimler Benz menempati posisi kedua sebagai produsen bus dengan volume penjualan terbanyak tahun 2019.

Tampilan Bus Produksi Kinglong Saat Dipamerkan Pada Pagelaran Otomotif (Sumber Gambar/Kinglong)
Tampilan Bus Produksi Kinglong Saat Dipamerkan Pada Pagelaran Otomotif (Sumber Gambar/Kinglong)

Ketiga, King Long

Diposisi ke tiga ditempati oleh Xiamen King Long Motor Group yang merupakan salah satu perusahaan manufaktur otomotif yang berpusat di  Xiamen, Tiongkok.

Baca Juga: Melihat Body Bus Produksi Karoseri Trijaya Union Yang Bernuansa Eropa

Perusahaan yang didirikan sekitar tahun 1988 ini, pada tahun 2019 berhasil menempati posisi ke tiga sebagai produsen bus dengan volume penjualan terbesar didunia yaitu sekitar 26.450 unit.

Salah Satu Produk Bus Produksi Golden Dragon (Sumber Gambar/Bus-News)
Salah Satu Produk Bus Produksi Golden Dragon (Sumber Gambar/Bus-News)

Kempat, Golden Dragon

Masih dari negara Tiongkok, pada posisi ketiga sebagai produsen bus dengan volume penjualan terbesar didunia ditempati oleh Golden Dragon.

Baca Juga: Karoseri Laksana Siap Perkenalkan Legacy SR3

Sama halnya dengan King Long, Golden Dragon juga berkantor pusat di Xiamen (Tiongkok) dan pada tahun 2019 perusahaan otomotif ini berhasil melakukan penjualan bus sekitar 19.392 Unit.

G8 Salah Satu Produk Bus Produksi Marcopolo (Sumber Gambar/Marcopolo SA)
G8 Salah Satu Produk Bus Produksi Marcopolo (Sumber Gambar/Marcopolo SA)

Kelima, Marcopolo S.A

Pada posisi ke lima ditempati oleh produsen kendaraan yang berada di benua Amerika Selatan yaitu Brazil. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 6 Agustus 1949 di Caxias do Sul, Rio Grande do Sul.

Selain memenuhi kebutuhan produk body bus di Brazil, Marcopolo S.A juga melakukan ekspor kendaraan bus hasil produksinya ke lebih dari 60 negara didunia dan pada tahun 2019 Marcopolo S.A masuk ke dalam produsen bus dengan volume penjualan terbesar didunia yaitu sebanyak 15.831 unit.

Baca Juga: Kenali Beberapa Hal Mengenai Penggunaan Strobo Pada Bus

Nah itulah 5 Pabrikan Bus Dengan Volume Penjualan Terbesar Didunia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top