Pesona Body Bus Ultra High Decker Yang Memikat Penggunanya

Tampilan body bus UHD milik PO Sudiro Tungga Jaya (Sumber Gambar/Dok Adiputro)

Saat ini karoseri bus di Indonesia banyak menyediakan varian body bus yang beragam dengan tujuan agar dapat mendukung keperluan dari konsumen yang dalam hal ini ialah Perusahaan Otobus, kali ini kita akan membahas Pesona Body Bus Ultra High Decker Yang Memikat Penggunanya.

Salah satu varian body yang cukup menarik perhatian penggunanya ialah body bus jenis Ultra High Decker atau UHD.

Baca Juga: Karoseri Laksana Siap Perkenalkan Legacy SR3

Bus dengan konsep Ultra High Decker sangat berbeda dengan jenis body bus pada umumnya, hal ini dikarenakan kabin penumpang tidak menyatu dengan kabin pengemudi yang dimana posisi kursi penumpang berada di deck atas.

Sedangkan deck bagian bawahnya difungsikan sebagai “Bagasi”, hal ini tentunya membuat kapasitas angkut barang pada bus menjadi lebih besar terutama barang bawaan penumpang itu sendiri, serta hal itu dapat dipergunakan juga untuk mengangkut cargo spesial seperti sepeda motor.

Dikarenakan dimensi yang begitu tinggi dan body bus yang berat, membuat body jenis ini hanya diperuntukan pada chasis bus jenis Triple Axle atau Tronton Seperti Scania K410IB, Volvo B11R, Man RR4, Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, dan MAN R37.

Meski secara visual tinggi body bus ini setara dengan body tipe Double Decker, namun nyatanya tinggi bus tipe UHD (4 meter) berbeda dengan bus Double Decker (4,15 meter). Secara dimensi Body jenis UHD ini memiliki tinggi sekitar 4 meter, Panjang 13,5 meter dan lebar 2,5 meter.

Baca Juga: Kenali Beberapa Hal Mengenai Penggunaan Strobo Pada Bus

Saat ini populasi bus jenis Ultra High Decker kian meningkat dan kerap kali dipergunakan oleh sejumlah Perusahaan Otobus ternama di Indonesia seperti Rosalia Indah, Sudiro Tungga Jaya, Harapan Jaya, Pandawa 87, Gunung Harta dan masih banyak lagi.

Bagaimana menurut sahabat transport seputar Pesona Body Bus Ultra High Decker Yang Memikat Penggunanya? Bagikan pendapat kamu pada kolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top