Tampilan instrument atau indikator kemudi pada bus (sumber gambar/wikimedia)

SPEED LIMITER Salah Satu Fitur Keselamatan Pada Bus

Pada saat kamu berjalan dijalan tol dan menjumpai bus yang melaju dengan kecepatan yang terkesan begitu tinggi, pernahkah kamu bertanya-tanya apakah pada moda transportasi bus tidak memiliki sistem pembatas kecepatan selayaknya mobil. oleh sebab itu kali ini kita akan membahas SPEED LIMITER Salah Satu Fitur Keselamatan Pada Bus.

Baca Juga: Melihat Body Bus Produksi Karoseri Trijaya Union Yang Bernuansa Eropa

selayaknya fitur yang ada pada mobil seperti Speed Limiter sebenarnya sudah dipasangkan pada bus saat ini. Sesuai dengan namanya Fitur Speed Limiter merupakan sistem yang berfungsi untuk membatasi kecepatan kendaraan, sehingga dapat mencegah pengemudi bus melebihi batas kecepatan yang direkomendasikan saat dijalan umum.

Fitur ini biasanya sudah disediakan oleh produsen chasis bus atau bawaan pabrikan, cara kerja dari sistem Speed Limiter juga beragam.

Seperti halnya pada mesin bus jenis commonrail yang sudah menggunakan sensor kecepatan, Sehingga ketika pengemudi bus melajukan kendaraannya diatas batas yang telah ditetapkan maka secara otomatis sistem akan menurunkan suplai bahan bakar ke mesinnya.

Sedangkan pada mesin konvensional terdapat sensor Rpm yang mana jika rpm sudah melewati batas sensor, speed limiter akan menahannya di komponen kabel gas.

Selain itu lampu indikator pada instrumen akan menyala dan alarm akan berbunyi dengan suara yang cukup mengganggu serta biasanya batas kecepatan yang diatur sekitar 100 hingga 110 Kilometer per jam.

Baca Juga: Karoseri Laksana Siap Perkenalkan Legacy SR3

Namun penggunaan Speed Limiter pada bus biasanya berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh operator bus itu sendiri dan ada juga operator bus yang lebih memilih melepas fitur ini.

Dengan tidak digunakannya fitur Speed Limiter pada bus, hal ini dapat membahayakan penumpang bus pada saat pengemudi bus melajukan kendaraannya dengan kecepatan diatas ketetapan regulasi pemerintah.

Nah itulah pembahasan singkat tentang SPEED LIMITER Salah Satu Fitur Keselamatan Pada Bus, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.   

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top