Daimler Melakukan UjiCoba Truck Berbahan Bakar Hidrogen Cair

Tampilan truck berbahan bakar Hydrogen Cair produksi Daimler (Sumber Gambar/dok. daimlertruck)

Daimler truck terus melakukan inovasi serta pengembangan di beragam segmen kendaraan salah satunya yaitu Truck, kali ini Daimler Melakukan UjiCoba Truck Berbahan Bakar Hidrogen Cair.

Dalam beberapa tahun belakangan Daimler Truck sangat gencar melakukan pengembangan dan menguji coba Truck berbasis hydrogen, Sejak tahun lalu (2021) Truck Mercedes Benz GenH2 telah menjalani sejumlah pengujian secara intensif.

Baca Juga: Mercedes Benz meluncurkan truck listrik e-Actros LongHaul Pada September 2022

Termasuk pengujian dijalan pada kawasan khusus ataupun dijalan umum yang banyak dilalui oleh masyarakat, Selain itu baru-baru ini Daimler truck Kembali menempatkan prototipe kendaraan lainnya untuk mengikuti pengujian penggunaan bahan bakar hidrogen cair.

Program pengembangan dan pengujian tersebut juga telah mendapat dukungan dari Daniela Schmitt selaku Minister of Economic Affairs of Rhineland-Palatinate, jerman.

Pengujian itu dilakukan di Wörth am Rhein salah satu kota di Jerman, Untuk Stasiun pengisian bahan bakarnya juga telah dipasangkan pada pusat pengembangan dan pengujian di Wörth am Rhein.

Sehingga nantinya tempat tersebut dapat dipergunakan sebagai lokasi (tempat) pengisian bahan bakar hidrogen cair.

kabar terbarunya uji coba tersebut dinyatakan berhasil dan merupakan keberhasilan pertama Daimler truck Bersama dengan Air Liquide dalam uji coba pengisian bahan bakar hidrogen cair (LH2) ke dalam kendaraan truck.  

Tampilan Tangki Penyimpanan Bahan Bakar (Sumber Gambar/Dok. Daimlertruck)
Tampilan Tangki Penyimpanan Bahan Bakar (Sumber Gambar/Dok. Daimlertruck)

Selama proses pengisian bahan bakar “cryogenic liquid hydrogen” dengan suhu sekitar 253 derajat celcius dan dimasukan ke dalam tempat penyimpanan bahan bakar (tangki) dengan kapasitas dua tangki yaitu 40 Kg.

tingkat kekedapan pada tangki yang sangat baik membuat bahan bakar tersebut dapat tersimpan dalam waktu yang cukup lama tanpa perlu pendingian aktif.

Daimler truck mengklaim bahwasannya bahan bakar hidrogen cair memiliki tingkat kerapatan energi yang sangat tinggi dibandingkan dengan gas hidrogen.

Baca Juga: Resmi Mercedes Benz Pasarkan Truck Axor EURO 4 Di Indonesia

Dengan begitu nantinya truck berbahan bakar berkelanjutan dapat membawa lebih banyak hidrogen cair, sehingga dapat meningkatkan jangkauan operasional kendaraan dan bahkan dapat menyamai jangkauan operasional kendaraan diesel konvensional.

Selain itu, uji coba ini juga bertujuan agar truck Mercedes Benz GenH2 dapat menempuh jarak 1.000 kilometer atau lebih, yang nantinya dapat dioperasikan untuk rute jarak jauh.

Nah, segitu dulu kabar tentang Daimler Melakukan UjiCoba Truck Berbahan Bakar Hidrogen Cair, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top