Apa Itu Kereta Tanpa Rel

Tampilan Kereta Tanpa Rel (Gambar Diambil Dari: Wikipedia)

Apa Itu Kereta Tanpa Rel yang belakangan ini kembali ramai diperbincangkan karena akan hadir ditanah air Indonesia.

Setelah sukses membangun sistem jaringan kereta cepat Jakarta – Bandung, kali ini China dan Indonesia berencana kembangkan moda transportasi kereta tanpa rel.

Dan karena penamaan dari moda transportasi tersebut yang masih terdengar asing disini, maka tidak heran apabila timbul pertanyaan mengenai apa itu kereta tanpa rel?

Kereta Tanpa Rel atau disebut juga sebagai Autonomous Rail Rapid Transit (ART) merupakan sebuah moda transportasi umum tipe kereta yang dalam satu rangkaiannya memiliki jumlah gerbong kurang lebih sekitar 3 kereta dengan kapasitas angkut penumpang diperkirakan mencapai 300 orang.

Baca Juga: Mengenal Kereta Api Brantas Beserta Sejarah Dibaliknya

Selain itu Autonomous Rail Rapid Transit (ART) sendiri merupakan sebuah sistem transportasi yang dikembangkan oleh perusahaan asal China yaitu CRRC Corp., Ltd. Dan pertama kali tampil ke publik pada 2017 dikota Zhuzou, China.

Ada banyak hal yang membedakan antara kereta biasa dengan kereta tanpa rel atau ART dan untuk mempermudah kamu membedakan antara keduanya, maka berikut beberapa perbedaannya.

1. Rangkaian Autonomous Rail Rapid Transit (ART) terdiri dari sekitar 3 Gerbong.

2. Autonomous Rail Rapid Transit (ART) melaju dengan kecepatan kurang dari 100 km/jam.

3. Autonomous Rail Rapid Transit (ART) menggunakan ban karet.

4. Autonomous Rail Rapid Transit (ART) tidak memerlukan rel seperti kereta pada umumnya.

5. Autonomous Rail Rapid Transit (ART) dapat beroperasi tanpa awak (Autonomous), alias dapat beroperasi tanpa masinis.

Disisi yang berbeda, Indonesia sebenarnya sudah sejak lama menginginkan sistem transportasi ini, namun terhalang oleh regulasi yang belum memadai untuk mengoperasikan moda transportasi canggih tersebut.

Dimana pada 2021 lalu sempat terdengar kabar bahwa Indonesia akan mengoperasikan Autonomous Rail Rapid Transit atau kereta tipe ini dibeberapa wilayah di Indonesia, yang terdiri dari Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Baca Juga: Mengenal Kereta Api Pertama Di Sulawesi Selatan

Namun sampai saat ini belum terdengar adanya kepastian nyata atau fisik mengenai akan dioperasikannya Autonomous Rail Rapid Transit atau kereta tipe ini di Indonesia.

Meski begitu bukan tidak mungkin, kedepannya Indonesia akan mengandalkan sistem moda transportasi tersebut guna mempercepat mobilisasi Masyarakat terutama dikota-kota besar dengan populasi yang besar juga.

Itu dia ulasan mengenai Apa Itu Kereta Tanpa Rel, dan kunjungi digitalototransport.com untuk update hal baru seputar transportasi.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top