Ini Dia Stasiun Kereta Api Terlama Di Indonesia

Stasiun Senen, Jakarta

Stasiun Kereta Api terlama di Indonesia ialah stasiun kereta yang memiliki usia yang cukup tua dan dimana,

stasiun kereta sendiri merupakan salah satu infrastruktur yang cukup penting bagi moda transportasi perkeretaapian.

Hal itu dikarenakan stasiun memiliki beberapa fungsi yang tidak dapat digantikan, mulai dari tempat berhentinya kereta hingga sebagai tempat menaikan dan menurunkan penumpang.

Seiring berkembangnya zaman, beragam teknologi pun diterapkan pada fasilitas stasiun yang bertujuan untuk mempermudah pengguna stasiun.

Walau teknologi terus berkembang namun nyatanya terdapat beberapa stasiun kereta yang sudah beroperasi puluhan bahkan ratusan tahun lamanya.

Berikut ini merupakan stasiun kereta api yang memiliki usia tua di Indonesia

  • Stasiun Tambaksari
Jalur keberangkatan kereta di stasiun TambaksariJalur keberangkatan kereta di stasiun Tambaksari

Stasiun Tambaksari merupakan salah satu stasiun kereta tertua di Indonesia,

Stasiun ini pertama kali didirikan pada tanggal 16 Juni 1864 dan diresmikan oleh Jenderal Baron Sloet van de Beele yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda.

Stasiun Tambaksari merupakan salah satu stasiun kereta api yang dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda bersama dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS),

NIS sendiri merupakan perusahaan kereta api yang berada dibawah naungan pemerintah Hindia Belanda.

Stasiun Tambaksari berlokasi di kota Semarang, Jawa Tengah dan masih melayani sistem perkeretaapian Indonesia.

  • Stasiun Semarang Tawang
Akses masuk stasiun Semarang TawangAkses masuk stasiun Semarang Tawang

Stasiun Semarang Tawang merupakan sebuah stasiun kereta api besar dengan tipe A yang berlokasi di Tanjung Emas, Semarang Utara , Semarang.

Stasiun Semarang Tawang dibangun oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) dan pada tahun 1868 stasiun kereta api ini diresmikan.

Meski diera yang serba modern, namun stasiun kereta ini masih tetep mempertahankan unsur klasik pada bangunannya dan sangat cocok bagi kamu pecinta sejarah atau angker (anak kereta) untuk berkunjung sekaligus berlibur menggunakan stasiun kereta ini.

  • Stasiun Lempuyangan
Stasiun LempuyanganStasiun Lempuyangan

Sama halnya dengan Stasiun Semarang Tawang, Stasiun kereta api yang berlokasi di Yogyakarta yaitu Stasiun Lempuyangan menjadi salah satu stasiun kereta tertua di Indonesia yang masih aktif beroperasi hingga saat ini.

Stasiun Lempuyangan dibangun pada tahun 1872, stasiun ini melayani pemberhentian semua kereta api ekonomi yang melintasi Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun pertama yang dibangun oleh perusahaan swasta NISM di kota Yogyakarta.

Baca Juga: Mengapa Kereta Api Sangat Diminati Masyarakat Untuk Berpergian

  • Stasiun Ambarawa
Museum Kereta Api AmbarawaMuseum Kereta Api Ambarawa

Berbeda dari stasiun-stasiun sebelumnya yang masih aktif beroperasi, namun hal tersebut tidak terjadi pada stasiun Stasiun Ambarawa, stasiun ini dialih fungsikan sebagai museum kereta api ditahun 1976.

Stasiun ini dibangun pada masa Pemerintah Kolonial Belanda, yang pada saat itu dipimpin oleh Raja Willem I yang pada saat itu memerintahkan pembangunan stasiun kereta api yang nantinya akan dipergunakan sebagai mobilitas tentaranya menuju Semarang.

Pada tanggal 21 Mei 1873, stasiun kereta api Ambarawa dibangun di atas tanah seluas 127.500 m² dan pada saat itu stasiun kereta Ini dikenal sebagai Stasiun Willem I.

  • Stasiun Solo Balapan
Tampilan Stasiun Solo BalapanTampilan Stasiun Solo Balapan

Stasiun Solo Balapan didirikan oleh perusahaan kereta api pada masa kolonial yaitu NIS, stasiun ini dibuka pada tanggal 10 Februari 1870.

Solo Balapan merupakan stasiun kereta utama dikota Surakarta, nama “Balapan” sendiri diambil dari nama sebuah desa yang terletak di sebelah utara stasiun.

Stasiun Solo Balapan merupakan stasiun terbesar di Kota Surakarta dan Jawa Tengah selain itu stasiun ini termasuk salah satu stasiun besar berusia tua di Indonesia yang masih beroperasi hingga saat ini walaupun sempat beberapa kali mengalami perbaikan untuk memaksimalkan fasilitas pelayanan pada stasiun ini.

Dari 5 stasiun kereta api tertua di atas manakah yang pernah sahabat transportasi singgahi pada saat berpergian menuju lokasi tertentu?


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top