Tampilan Jembatan Cikubang (sumber gambar/KAI121)

Jembatan Kereta Cikubang Salah Satu Yang Tertua DI Indonesia

Jembatan Kereta Cikubang merupakan sebuah jembatan kereta api yang berlokasi di Nyalindung, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Jembatan ini mulai beroperasi pada tahun 1906, atau sekitar 116 Tahun lalu (2022), jembatan Cikubang memiliki sebanyak empat pilar baja dengan berat sekitar 110 ton.

Baca Juga: Inilah Terowongan Kereta Tertua Di Indonesia

Jembatan Cikubang sendiri memiliki Panjang mencapai 300 Meter yang menjadikannya sebagai jembatan kereta api terpanjang di Indonesia yang menghubungkan DKI Jakarta dengan kota Bandung.

Meski usia jembatan ini tak lagi muda, namun jembatan cikubang masih layak untuk beroperasi hingga saat ini. Proyek ruas jalur kereta Jakarta – Bandung mulai dikerjakan secara bertahap sejak bulan April 1869 dan selesai dikerjakan pada 2 Mei 1906.

Kemudian Pada 27 Desember 1902 jembatan ini diresmikan oleh perusahaan kereta api negara Staats sporwegen (SS) yang meresmikan jalur kereta api Karawang-Purwakarta. Setelah dua tahun berselang, perusahaan kereta api negara Staats sporwegen melanjutkan pembangunan jalur Purwakarta-Padalarang.

Secara geografis, Jalur sepanjang 56 kilometer tersebut banyak melewati lereng gunung Oleh sebab itu perusahaan kereta api negara Staats sporwegen membangun beberapa jembatan penghubung.

Mulai dari jembatan Cikubang, Cibisoro, dan Cisomang. Pembangunan sejumlah jembatan tersebut dibangun menggunakan konstruksi besi-besi dari Eropa yang dikapalkan ke Pelabuhan Tanjung Priok dan sebagiannya dikirim melalui Pelabuhan Cilacap.

Baca juga: Mengapa Kereta Api Sangat Diminati Masyarakat Untuk Berpergian

Pada proyek pembangunan tersebut pernah mengalami kendala pengiriman besi yang mengalami keterlambatan hampir delapan bulan.

Penamaan jembatan Cikubang diambil dari nama sungai yang dimana sungai ini (Sungai Cikubang) berada tepat di bawah jembatan ini sehingga nama tersebut digunakan sebagai nama jembatannya.

Nah itulah pembahasan tentang Jembatan Kereta Cikubang ini, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top