Indonesia Akan Segera Mengoperasikan Kereta Cepat

Wujud dari armada kereta cepat yang akan digunakan oleh Indonesia yaitu CR400AF. (sumber gambar/wikimedia)

Indonesia Akan Segera Mengoperasikan Kereta Cepat yang Saat ini Indonesia tengah mengkebut proyek kereta cepat Jakarta – bandung yang diproyeksikan akan rampung pada akhir tahun 2022.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sendiri menargetkan penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung lebih cepat.

Saat ini progres pembangunan proyek kereta cepat sudah mencapai 84 persen dan akan segera menyentuh angka 85 persen sehingga diproyeksikan proyek kereta cepat tersebut rampung sesuai jadwal.

Baca Juga: Inilah Terowongan Kereta Tertua Di Indonesia

Proyek ini telah dimulai sejak tahun 2016 atau sekitar 6 tahun yang lalu, Kereta cepat Jakarta – Bandung hanya memiliki empat titik lokasi stasiun pemberhentian.

yang terdiri dari stasiun Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar dan terdapat satu lokasi yang nantinya dipergunakan sebagai depo yaitu Tegalluar.

Rute perjalanan kereta cepat Jakarta – Bandung akan dilayani oleh kereta cepat generasi terbaru CR400AF yang akan melintasi jalur sepanjang 142,3 kilometer.

Kereta CR400AF sendiri memiliki dimensi lebar 3,36 meter, tinggi 4,05 meter, dengan panjang kepala kereta sekitar 27,2 meter dan intermediate kereta 25 meter.

Proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta – Bandung sendiri didasari oleh kebutuhan moda transportasi masyarakat di wilayah tersebut yang diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya.

Selain itu proyek Kereta Cepat tersebut juga menghasilkan Transfer Teknologi, sehingga nantinya Indonesia dapat menjadi produsen kereta berkecepatan tinggi serta dapat mensuplai kebutuhan kereta cepat di kawasan.

Dengan adanya kereta cepat Jakarta – Bandung diharapkan dapat memunculkan titik-titik ekonomi baru dan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat yang terdapat di kawasan yang dilalui oleh kereta cepat tersebut.

Selain meningkatkan perekonomian masyarakat nantinya proyek ini juga dapat mengangkat sektor pariwisata di sejumlah wilayah dan dapat diharapkan dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Baca Juga: Ini Dia Stasiun Kereta Api Terlama Di Indonesia

Pada pembangunan konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung telah menyerapkan sebanyak 39.000 tenaga kerja lokal.

Dengan rampungnya proyek Kereta Cepat tersebut nantinya masyarakat hanya memerlukan waktu sekitar 35 menit saja untuk berpergian dari dan menuju Jakarta – Bandung.

Itulah pembahasan tentang Indonesia Akan Segera Mengoperasikan Kereta Cepat, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top