Tampilan pesawat Ilyushin Il-80 milik Rusia (Sumber Gambar/wikimedia)

Melihat Spesifikasi Pesawat Anti Kiamat Rusia Ilyushin Il-80

Pesawat Anti Kiamat Rusia Ilyushin Il-80 yang beroperasi Ditengah krisis Ukraina dan Rusia beberapa kali menerbangkan pesawat anti kiamat miliknya.

Pesawat tersebut ialah Ilyushin Il-80 Maxdome, pesawat ini merupakan airborne command and control milik Rusia. Ilyushin Il-80 Maxdome diyakini pertama kali terbang pada musim panas tahun 1985.

Ilyushin sendiri merupakan sebuah biro desain dan produsen pesawat penumpang, kargo, hingga militer milik Rusia.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan Maskapai Batik Air

Pesawat Ilyushin Il-80 Maxdome dirancang sebagai pusat komando udara untuk pejabat Rusia, termasuk Presiden jika terjadi perang nuklir sewaktu-waktu.

Desain pesawat ini sangatlah unik pasalnya sahabat transport hanya dapat menemui jendela pada bagian kabin kokpit saja, hal tersebut bertujuan untuk melindungi penumpang pesawat itu dari kebutaan yang diakibatkan oleh ledakan bom atom.

Selain itu pesawat ini juga telah dilengkapi oleh sistem telekomunikasi yang mampu menghubungi seluruh pasukan Angkatan bersenjata negara tersebut, termasuk pasukan peluncur rudal.

Pada bagian ekornya terdapat antena yang dapat berfungsi untuk berkomunikasi dengan kapal selam serta pasukan peluncuran Rudal Balistik.

Pesawat ini juga telah didesain sedemikian rupa untuk menahan gelombang elektromagnetik dari ledakan nuklir.

Ilyushin Il-80 Maxdome mampu mengangkut puluhan orang dan memiliki daya jelajah ratusan ribu mil selama tiga hari tiga malam nonstop di udara dengan persediaan bahan bakar sekitar 185 ton, serta pesawat ini mampu melakukan pengisian ulang bahan bakar diudara.

Baca Juga: Mengenal Maskapai Citilink Indonesia

Pesawat ini juga memiliki dua pod generator listrik dengan ukuran besar yang ditempatkan di dalam mesinnya dan memiliki air intake scoops serta jet exhaust di ujungnya.

Setiap pod generator listrik tersebut memiliki panjang sekitar 9,5 meter dan diameternya sekitar 1,3 meter.

Rusia sendiri dikabarkan memiliki sebanyak 4 unit pesawat anti kiamat Ilyushin Il-80 Maxdome yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar mampu bertahan dari beragam sistem perangkat militer yang modern.

Nah itulah pembahasan kali ini, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top