Mengenal Lebih Dekat Dengan Maskapai Batik Air

Tampilan maskapai Airbus A320 milik maskapai Batik Air (sumber/kibrispdr)

Mengenal Lebih Dekat Dengan Maskapai Batik Air yang merupakan maskapai swasta dan didirikan sejak tahun 2013 silam, Maskapai ini merupakan anak usaha dari Lion Air atau Lion Group.

Batik Air terbang perdana pada tanggal 3 Mei 2013 dengan rute penerbangan dari Jakarta menuju Manado dan Balikpapan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER.

Maskapai Batik Air dirancang untuk melayani rute penerbangan jarak menengah hingga jauh baik dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Mengenal Maskapai Citilink Indonesia

Saat ini maskapai Batik Air telah melayani sekitar 44 rute destinasi penerbangan dan mengoperasikan sebanyak 53 pesawat dari beragam brand produk pesawat dunia.

Airbus A320-200 merupakan tipe pesawat yang paling banyak dioperasikan oleh maskapai Batik Air yaitu sekitar 30 Pesawat dan Boeing 737-800 sebanyak 21 Pesawat, selain dua tipe pesawat tersebut maskapai Batik Air juga mengoperasikan pesawat tipe Airbus A320neo, Airbus A321neo, dan Airbus A330-300.

Rusdi Kirana merupakan pendiri dari Batik Air serta pemilik dari maskapai Lion Air, maskapai Batik Air sempat direncanakan akan melakukan ekspansi Internasional dengan melayani rute penerbangan jauh (lintas negara) dimulai setelah beberapa tahun pendiriannya.

namun setelah setahun berdiri maskapai Batik Air mengurungkan niatnya melakukan ekspansi Internasional dan berfokus pada penerbangan domestik terlebih dahulu.

Meski begitu kini maskapai Batik Air telah membuka rute penerbangan menuju beberapa negara di Kawasan Asia Tenggara dan dunia.

Maskapai Batik Air juga menawarkan beberapa keunggulan seperti Harga tiket pesawat yang murah hingga fleksibel.

Pada tahun 2018 maskapai penerbangan Batik Air masuk peringkat ke dua di kawasan Asia Tenggara dalam ketepatan waktu penerbangan (On-time Performance/OTP) terbaik. Untuk sekedar info OTP Batik Air terpaut tipis dengan maskapai Singapore Airlines.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh lembaga riset berbasis di Inggris OAG Flightview pada Januari 2018, ketepatan waktu penerbangan maskapai Batik Air mencapai 84 persen dengan pembatalan 0,2 persen. Batik Air memiliki frekuensi 11.811 penerbangan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Maskapai Susi Air

Sedangkan Singapore Airlines berada di peringkat pertama dengan ketepatan waktu mencapai 84,2 persen dan frekuensi 7.454 penerbangan. Di peringkat ketiga ada maskapai Citilink 80,7 persen dan pembatalan 0,2 persen dengan frekuensi 7.445 penerbangan.

Itulah pembahasan singkat tentang Mengenal Lebih Dekat Dengan Maskapai Batik Air, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top