Mengenal Singkat Body Jetbus Produksi Karoseri Adiputro

Tampilan body JETBUS HD milik PO Blue Star (sumber/twitter/bus_bluestar)

Body Jetbus Produksi Karoseri Adiputro generasi pertama merupakan generasi penerus dari body bus Marcopolo, sehingga body Jetbus generasi pertama masih mengadopsi beberapa desain yang ada pada body Marcopolo seperti Selendang, hingga desain kisi-kisi udara pada bagian mesin belakang.

Jetbus Generasi pertama diperkenalkan pada tahun 2011 silam, awal kehadirannya body bus ini masih menggunakan emblem “Royal Coach” yang dipasangkan pada body bus sisi kanan dan kirinya.

Baca Juga: Mitsubishi Fusi Optimis Dengan Kendaraan Listrik Produksinya

Tampilan Emblem Royal Coach SE (Sumber/DanoDanis)
Tampilan Emblem Royal Coach SE (Sumber/DanoDanis)

Royal Coach adalah nama dari model body bus buatan karoseri Adi Putro sejak tahun 1990an, Royal Coach sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu tipe Royal Coach E dan Royal Coach SE, perbedaannya terletak pada ketebalan bodi bus. Tipe E menggunakan plat 1,6 mm sedangkan tipe SE menggunakan plat 2,0 mm.

Desain Jetbus sendiri terinspirasi dari model bus Mercedes Benz Travego dan Setra, oleh karena itu desain body dari karoseri ini lebih mengarah ke trend bus-bus di benua Eropa.

Tampilan Body Jetbus HD Milik PO Kerub (Sumber/Blogspot/Kunjungi-Bus)
Tampilan Body Jetbus HD Milik PO Kerub (Sumber/Blogspot/Kunjungi-Bus)

PO Kerub merupakan perusahaan otobus pertama yang menggunakan body Jetbus serta dipasangkan pada chasis bus Mercedes Benz OH 1526.

Seiring berjalannya waktu, body Jetbus beberapa kali mengalami perubahan mulai dari desain selendang, body, penggunaan lampu depan dan belakang hingga melakukan perubahan emblem pada body bus produksinya dari Royal Coach menjadi Jetbus.

Jetbus sendiri berasal dari nama keluarga pemilik karoseri Adi Putro yaitu “Jethrokusumo”, kemudian kata bus disisipkan untuk mengkategorikan body tersebut.

Body Jetbus sendiri berhasil memikat banyak konsumen diberbagai pulau di Indonesia, namun populasi dari body ini lebih banyak digunakan di pulau Jawa.

Baca Juga: Transjakarta Bekerjasama dengan Switch Mobility Limited

Hal itu dikarenakan populasi perusahaan otobus di pulau Jawa lebih banyak jika dibandingkan pulau lainnya, serta mayoritas penduduk Indonesia mendiami kota-kota besar di pulau Jawa.

Saat ini Body Jetbus telah memasuki Generasi Ke Tiga dan kemungkinan akan diteruskan ke generasi body selanjutnya. Body Jetbus sendiri saat ini telah memiliki beberapa varian tipe body seperti SHD, HD, SDD, UHD, dan MHD.

Demikianlah pembahasan tentang Body Jetbus Produksi Karoseri Adiputro, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top