Mercedes Benz OH 1626 Salah satu chasis bus primadona di Indonesia

Tampilan chasis bus OH 1626L dibalut dengan body Jetbus Generasi pertama (sumber/primasahdi)

Mercedes Benz OH 1626 Salah satu chasis bus primadona di Indonesia yang merupakan salah satu chasis big bus yang banyak digunakan oleh perusahaan otobus di Indonesia hingga saat ini.

chasis bus OH 1626 diperkenalkan pada tahun 2012 sebagai varian terbaru dari Mercedes Benz serta generasi penerus dari OH 1526.

OH 1626 memiliki durabilitas yang tinggi dengan daya angkut beban yang lebih besar (GVW) jika dibandingkan dengan varian sebelumnya yaitu OH 1526.

Baca Juga: Mengenal Perusahaan Otobus Harapan Jaya

Selain daya angkut beban yang besar sistem perawatan dari chasis ini terbilang cukup mudah, serta chasis ini telah dilengkapi fitur Air Suspension yang membuatnya naik kelas jika dibandingkan sang competitor kala itu.

Sehingga soal kenyamanan chasis bus ini sudah tidak diragukan lagi, Mercedes Benz OH 1626 merupakan chasis big bus tipe Space Frame.

Chasis bus tipe Space Frame sendiri memiliki beberapa keunggulan seperti kapasitas bagasi yang luas, dapat dipasangkan body bus dengan tipe XHD atau SHD.

Mercedes-Benz OH 1626 masih mengadopsi Mesin tipe OM 906 LA (Euro 3) serupa dengan yang dikenakan oleh OH 1526, mesin OM 906 LA mampu menghasilkan tenaga sebesar 260 Hp di 2.200 rpm dan torsi maksimal 950 nm di 1.200 rpm dan mampu melaju hingga kecepatan 120 km/jam.

OH 1626 memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) sebesar 16,000 kg atau sekitar 16 Ton, pada bagian kemudi Mercedes Benz OH 1626 telah dilengkapi Power Steering tipe ZF 8097 dan chasis ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 300 Liter sehingga memiliki jarak tempuh yang ideal untuk rute bus Antar Kota Antar Provinsi.

Saat ini chasis Mercedes Benz OH 1626 masih menjadi primadona dikalangan pengusaha bus, hal tersebut karena chasis produksi Eropa tersebut dinilai lebih mampu melibas jalan-jalan di Indonesia yang terkenal akan kondisi jalannya yang kurang memadai serta berliku.

Baca Juga: Bus Double Decker Mulai Banyak Digunakan Oleh Perusahaan Otobus

Selain itu banyak perusahaan otobus yang meyakini bahwasannya Mercedes Benz lah chasis bus yang mampu memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya dengan harga chasis bus yang dinilai lebih relevan jika dibandingkan dengan chasis premium.

itulah pembahasan tentang Mercedes Benz OH 1626 Salah satu chasis bus primadona di Indonesia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top