Bus Double Decker Mulai Banyak Digunakan Oleh Perusahaan Otobus

Tampilan body bus double decker milik PO Sinar Jaya baru saja dirilis dari karoseri Adiputro (sumber/Instagram/ adiputro_official)

Bus Double Decker Mulai Banyak Digunakan Setelah memasuki tahun 2022, terlihat beberapa armada bus tipe “Double Decker” mulai banyak di rilis dari berbagai karoseri bus ternama di Indonesia.

Walaupun jumlahnya sendiri tidak sebanyak bus tipe single deck, namun dapat dilihat trend peningkatan penggunaan bus dengan tipe double decker.

Baca Juga: Inilah Beberapa Bus Amfibi didunia

Karoseri Adiputro menjadi salah satu karoseri bus yang banyak merilis bus tipe Double Decker pesanan beberapa perusahaan otobus dan yang terbaru ialah milik PO Sinar Jaya.

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya trend peningkatan penggunaan bus tipe Double Decker?

Infrastruktur menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan populasi bus tipe DD, dengan banyaknya akses jalan yang membaik membuat banyak PO bus mulai mempertimbangkan penggunaan bus tipe ini untuk melayani rute perjalanannya.

apa lagi saat ini terdapat jalan tol yang membelah pulau jawa dan di beberapa pulau lainnya sedang dalam pembangunan sehingga waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat.

Bus tipe “Double Decker” juga memiliki kapasitas angkut yang besar sehingga beberapa perusahaan otobus menerapkan sistem kelas pelayanan yang berbeda-beda pada armada tersebut seperti Executive, Super Executive, dan Sleeper dengan harga tiket yang beragam.

Baca Juga: Mengenal Singkat PO Putera Mulya Asli Wonogiri

Bus tipe ini umumnya dibangun pada chasis bus Triple Axle dengan GVW sekitar 18 ton keatas seperti Mercedes Benz OC 500 RF 2542, Volvo B11R, Scania K410IB, dan sebagainya.

Serta chasis tersebut sudah dilengkapi beberapa fitur yang dapat meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan bus tipe single deck.

itulah pembahasan singkat tentang Bus Double Decker Mulai Banyak Digunakan oleh perusahaan otobus indonesia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top