Inilah Beberapa Bus Amfibi didunia

Tampilan Bus Amfibi

Bus Amfibi didunia merupakan alat transportasi yang bisa dibilang dapat berada di dua zona berbeda yang Umumnya sebuah transportasi darat yaitu bus hanya berjalan dijalan saja, namun apa jadinya jika bus dapat berjalan didarat dan laut atau biasa disebut sebagai bus Amfibi.

Meski terdengar aneh, nyatanya beberapa inovasi bus amfibi sudah beroperasi disejumlah negara di dunia. Berikut beberapa inovasi bus Amfibi didunia.

Pertama, Hafencity Riverbus

Tampilan Hafencity Riverbus saat naik ke daratan
Tampilan Hafencity Riverbus saat naik ke daratan

Hafencity Riverbus ialah sebuah inovasi bus yang dapat berjalan didarat maupun sungai, desainnya sendiri terbilang unik yang menggabungkan dua konsep kendaraan yaitu kapal kecil dan bus kota. Kendaraan ini melaju dengan kecepatan hingga 65 kilo meter perjam saat didarat dan 7 Knot saat berjalan dikedalaman air.

Baca Juga: TransJakarta Bus Academy fasilitas untuk peningkatan keselamatan

Hafencity Riverbus didesain sebagai alat transportasi wisata di negara Jerman, Kendaraan unik ini juga sudah dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung yang dapat memanjakan penggunannya seperti Audio Video On Demand, Air Conditioner, Toilet, Bagasi, dan Penghangat Ruangan.

Bus ini mampu menampung kapasitas penumpang hingga 36 penumpang beserta 3 Kru yang bertugas pada Hafencity Riverbus.

Kedua, Dutch Amfibious Transport

Tampilan salah satu armada amfibi milik Dutch Amfibious Transport
Tampilan salah satu armada amfibi milik Dutch Amfibious Transport

Dutch Amfibious Transport (DAT) merupakan jasa layanan wisata yang mengoperasikan sejumlah kendaraan amfibi termasuk bus.

DAT sendiri baru mulai mengoperasikan tour Amfibinya pada tahun 2011 lalu dan memulai tour perjalanan Amfibi perdananya di Splashtours Rotterdam, Belanda.

Baca Juga: Mengenal Singkat PO Putera Mulya Asli Wonogiri

Setelah sebelumnya melakukan serangkaian test demi memenuhi standar keamanan di benua Eropa, dan seiring berjalannya waktu Dutch Amfibious Transport mulai melebarkan usahanya dengan membuka sejumlah destinasi wisata dengan konsep amfibi disejumlah kota di belanda hingga negara-negara dibenua eropa yaitu Amsterdam (Belanda), L├╝beck (Jerman) dan Porto (Portugal).

Meski pengguna bus Amfibi masih relatif sedikit, namun Indonesia sendiri tertarik menggunakan bus Amfibi sebagai moda transportasi wisata. Salah satu kota yang ingin menggunakan bus amfibi ialah Kota Semarang program angkutan wisata ini rencananya akan diberi nama Semarang River Bus.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top