LION AIR Maskapai Penerbangan Bertarif Rendah Indonesia

Tampilan salah satu pesawat Boeing 737-400 milik Maskapai Lion Air PK - LIS (sumber/Savvas Garozis)

Lion Air merupakan perusahaan maskapai penerbangan dibawah bendera PT Lion Mentari Airlines yang mana merupakan salah satu maskapai penerbangan bertarif rendah Indonesia yang berpusat di Jakarta.

Maskapai ini adalah maskapai swasta terbesar di Indonesia dan di kawasan Asia Tenggara serta menduduki peringkat kedua sebagai maskapai berbiaya rendah terbesar di Kawasan Asia Tenggara setelah Air Asia (Malaysia).

Selain itu, maskapai ini juga memiliki beberapa anak usaha di bidang penerbangan yang tergabung dalam Lion Air Group maskapai tersebut ialah Wings Air dan Batik Air.

Baca Juga: NASA Perkenalkan Pesawat Supersonik X-59 QueSST

maskapai ini sendiri telah berdiri pada 15 November 1999 silam, serta mulai beroperasi sejak 30 Juni 2000. Kini maskapai Lion telah melayani lebih dari 42 tujuan rute penerbangan baik dalam maupun luar negeri, Lion Air saat ini memiliki serta mengoperasikan sebanyak 118 pesawat.

Rusdi dan Kusnan Kirana merupakan pemilik sekaligus pendiri dari Lion Air Group, diawal berdirinya maskapai ini melayani rute penerbangan terjadwal dari Jakarta ke Denpasar dan Pontianak menggunakan pesawat Boeing 737-200 yang telah disewa.

Pada awal berdirinya maskapai ini merupakan satu-satunya maskapai penerbangan bertarif rendah di Indonesia, untuk mempercepat perluasan cakupan bisnisnya Lion group menyewa sebanyak Lima pesawat Yakovlev Yak-42 D, dua McDonnell Douglas MD-82 dan dua Airbus A310-300.

Baca Juga: Pesawat Airbus A380 bisa terbang menggunakan minyak goreng

Seiring berjalannya waktu maskapai swasta tersebut tumbuh dengan cepat serta mampu mendominasi pasar maskapai LCC Indonesia maupun Kawasan (Asia Tenggara) dan saat Ini (2022) Lion Air mengoperasikan beragam tipe pesawat seperti Airbus A330-300, Airbus A330-900, Boeing 737-800, Boeing 737-900ER, Boeing 737 MAX 8, MAX 9, dan MAX 10.

Walaupun maskapai Low Cost Carrier (LCC) dianggap memiliki resiko keamanan yang cukup tinggi namun nyatanya maskapai ini tetap mampu menarik perhatian banyak pengguna moda transportasi pesawat.

Tampilan Pesawat Boeing 737 Max 8 Milik Maskapai Lion Air PK LQP (Sumber/Wikipedia)
Tampilan Pesawat Boeing 737 Max 8 Milik Maskapai Lion Air PK LQP (Sumber/Wikipedia)

Membahas soal keamanan Maskapai ini memiliki rapor merah lantaran pesawat milik Lion ini pernah beberapa kali mengalami kecelakaan, terakhir maskapai ini mengalami insiden di tahun 2018 yaitu jatuhnya pesawat Boeing 737 MAX 8 dengan nomor penerbangan JT610 yang menewaskan sebanyak 189 penumpang dan awaknya.

Baca Juga: Apa saja persiapan sebelum pesawat lepas landas

4 tahun berselang dari tragedi tersebut nampaknya maskapai Lion mulai menyikapi faktor keamanan dengan serius hingga saat ini (2022) Lion Air belum mengalami Insiden Kembali setelah terakhir ditahun 2018.

nah begitulah pembahasan tentang maskapai ini, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top