Apa saja persiapan sebelum pesawat lepas landas

Tampilan Ruang kemudi pesawat atau kokpit

pesawat lepas landas merupakan kegiatan rutin yang ada pada setiap bandara di dunia yang mana Pesawat ialah salah satu moda transportasi teraman didunia, maka tidak heran jika pesawat cukup banyak diminati dari beragam kalangan.

Untuk mendukung seluruh sistem keamanan dalam penerbangan maka sebuah pesawat yang hendak lepas landas atau take off harus melalui serangkaian persiapan.

Selain keamanan maskapai penerbangan juga harus tetap mengutamakan kenyamanan dari penumpangnya, lalu apa saja yang harus dipersiapkan sebuah pesawat saat hendak lepas landas?

Tampilan Sistem Pendinginan External Yang Disediakan Pihak Bandara
Tampilan Sistem Pendinginan External Yang Disediakan Pihak Bandara

Pertama, Menjaga Stabilitas Suhu Pesawat

Saat pesawat tiba di Apron bandara dan mulai menurunkan barang serta penumpang maskapai, maka sistem Auxiliary Power Unit (APU) akan menjaga suhu pesawat pada suhu ideal.

Selain itu beberapa bandara sudah menyediakan fasilitas AC Portable yang disalurkan melalui pipa berdiameter besar dan disalurkan melalui bagian perut pesawat sehingga dapat membantu menstabilkan suhu pesawat. Hal ini bertujuan untuk menjaga sekaligus merawat sejumlah komponen penting yang ada pada pesawat.

Ilustrasi Petugas Tengah Membersihkan Kabin Penumpang
Ilustrasi Petugas Tengah Membersihkan Kabin Penumpang

Kedua, Pembersihan Pesawat

Saat penumpang telah turun semua dari kabin pesawat maka waktunya pesawat tersebut untuk mempersiapkan diri melanjutkan rute penerbangan selanjutnya.

Ketika pesawat sudah dalam keadaan kosong, nantinya akan ada sejumlah kru yang naik ke kabin pesawat dan mulai menata serta membersihkan seluruh kabin penumpang mulai dari menata Kembali sabuk pengaman kursi, membersihkan sampah, menata ulang perlengkapan kursi dan sebagainya.

Selain itu juga akan ada kru yang membersihkan toilet pesawat agar fasilitas tersebut dalam keadaan layak pakai.

Ketiga, Mempersiapkan Makanan Dan Minuman

Masih mengenai kenyamanan penumpang, Makan dan Minum merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari maskapai itu sendiri.

Umumnya masakan yang akan disediakan oleh maskapai telah dimasak sekitar 60 menit sebelum pesawat tiba dan dikemas sedemikian rapihnya untuk menjaga agar kualitas makanan tersebut tetap terjaga.

Dan taukah kamu bahwa faktanya rasa masakan yang kamu makan saat flight itu serupa saat kamu berada didarat.

Baca Juga: Sederet Pesawat Terbesar Didunia Yang Pernah Dibuat Manusia

namun Kondisi kering dan tekanan udaralah yang membuat menurunnya kepekaan indra perasa terhadap rasa manis dan asin, Semakin tinggi pesawat mengudara maka tekanan udara akan semakin menurun.

Ilustrasi Pengecekan Pada Fuselage Pesawat
Ilustrasi Pengecekan Pada Fuselage Pesawat

Keempat, Pengecekan kesiapan dan pengisian bahan bakar pesawat

Demi mendukung keamanan maka setiap pesawat yang baru tiba dibandara akan melalui serangkaian pengecekan seperti pengecekan kondisi Landing Gear (roda), mesin, Fuselage (badan pesawat), Wing (sayap), Tail (ekor), dan sebagainya.

Sehingga saat pesawat diterbangkan Kembali maka seluruh sistem dipastikan dalam keadaan prima. Selain pengecekan kondisi pesawat, nantinya akan ada kru yang bertugas untuk mengisi ulang bahan bakar pesawat sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga: Pesawat Airbus A380 bisa terbang menggunakan minyak goreng

Setelah seluruh rangkaian pengecekan telah dilakukan dan pilot telah mendapatkan laporan mengenai kondisi pesawat  maka pilot akan mengambil keputusan untuk berangkat atau tidak, setelah itu barulah barang-barang penumpang mulai dimasukan kedalam pesawat serta penumpang maskapai diperbolehkan untuk masuk kedalam pesawat.

Tampilan Kendaraan Push Back Pesawat
Tampilan Kendaraan Push Back Pesawat

Kelima, Persiapan Lepas Landas atau Take Off

Pesawat yang sudah dalam keadaan siap untuk take off nantinya akan didorong mundur atau Push Back oleh kendaraan khusus.

hal itu dikarenakan pesawat tidak dapat mundur dengan baik sehingga membutuhkan bantuan dari kendaraan lain, setelah itu pesawat akan melaju di taxiway menuju Runway, saat pesawat tiba di Runway artinya pesawat tersebut sudah siap lepas landas mengikuti arahan dari Air traffic control (ATC).

nah itulah persiapan yang dilakukan sebelum pesawat lepas landas. bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top