Ilustrasi Kapal bersandar dipelabuhan (sumber maritim media)

5 Pelabuhan Terbesar Di Indonesia

Pelabuhan Terbesar Di Indonesia kini semakin banyak karena tengah gencar dibangun oleh pemerintah melalui instansi terkaitnya, yang mana Pelabuhan adalah sebuah kawasan perairan yang terlindungi dari gelombang air laut,

serta dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung untuk memudahkan aktifitas bongkar muat suatu kapal. Fasilitas tersebut meliputi Dermaga, Crane, Kawasan Penyimpanan barang atau Gudang dan sebagainya.

Semakin besar Pelabuhan maka kapasitas kapal yang dapat bersandar secara bersamaan diwaktu yang sama cukup banyak serta masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh Pelabuhan besar.

Berikut merupakan 5 pelabuhan terbesar yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

Tampilan Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (sumber Kompas)
Tampilan Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (sumber: Kompas)

Pertama, Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta Utara)

Pelabuhan Tanjung Priok merupakan sebuah Pelabuhan yang terletak di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pelabuhan ini termasuk ke dalam salah satu Pelabuhan tersibuk di Indonesia.

Dengan luas lahan Pelabuhan mencapai 604 hektar serta menangani lebih dari 30% komoditi non migas Indonesia, selain itu 50% dari seluruh arus barang yang keluar maupun masuk Indonesia melewati pelabuhan ini.

Maka dari itu pelabuhan Tanjung Priok menjadi salah satu barometer penting perekonomian Indonesia. Pelabuhan ini telah dilengkapi Fasilitas intermodal yang mampu menghubungkan Tanjung Priok dengan seluruh kota di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Kapal VLCC Pertamina Pride

Pelabuhan Tanjung Priok juga mampu menampung kapal-kapal generasi mutakhir yang secara langsung menuju ke berbagai pusat perdagangan internasional.

Tampilan Dermaga Pelabuhan Merak (sumber tribunnews)
Tampilan Dermaga Pelabuhan Merak (sumber tribunnews)

Kedua, Pelabuhan Merak (Banten)

Pelabuhan Merak merupakan sebuah Pelabuhan penyeberangan yang terletak di kota Cilegon, Banten. Pelabuhan ini merupakan akses penghubung antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera yang dipisahkan oleh Selat Sunda.

Setiap harinya, ratusan perjalanan kapal ferry melayani arus penumpang dan kendaraan dari dan ke pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni di Lampung.

Dalam sehari saja diperkirakan rata-rata baik penumpang maupun kendaraan dipelabuhan merak berkisar 50 ribu penumpang dan 10 ribu kendaraan perharinya.

Luas Pelabuhan merak sekitar 15 Hektar , Pelabuhan Merak juga dilengkapi sejumlah fasilitas menarik seperti dermaga yang dapat digunakan oleh kapal tipe Roro untuk melangsungkan Bongkar muat, Sistem Penimbangan Kendaraan, Fasilitas penyimpanan bahan bakar (bunker), Fasilitas Pemadam kebakaran, Hingga Terminal Penumpang.

Tampilan Kapal Bongkar muat dipelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (sumber Antara)
Tampilan Kapal Bongkar muat dipelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (sumber Antara)

Ketiga, Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya)

Pelabuhan Tanjung Perak adalah sebuah Pelabuhan yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Secara administratif pelabuhan Tanjung Perak termasuk ke dalam Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya.

Pelabuhan ini memiliki luas seluruh Kawasan mencapai 1574 hektar, Pelabuhan Tanjung Perak telah beroperasi sejak tahun 1925.

Di Pelabuhan ini juga terdapat fasilitas terminal penyimpanan Peti Kemas, Tanjung Perak merupakan salah satu Pelabuhan terbesar dan tersibuk ke dua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca juga: Wajib Tau! Inilah Kapal Rumah Sakit Terbesar Di Dunia

Selain itu Pelabuhan ini termasuk kedalam pusat perdagangan menuju kawasan Indonesia bagian timur. Di sebelah pelabuhan Tanjung Perak terdapat Pelabuhan Ujung, tempat kapal-kapal feri tujuan Pelabuhan Kamal, Bangkalan, bersandar.

Pelabuhan Tanjung Perak berfungsi sebagai tempat pengumpul dan distributor barang dari dan ke Kawasan Timur Indonesia, termasuk Jawa Timur. Hal itu diKarena letaknya yang cukup strategis serta didukung oleh hinterland yang potensial.

Dengan begitu pelabuhan Tanjung Perak menjadi Pusat Pelayaran antar pulau Kawasan Timur Indonesia. Pelabuhan ini juga menyediakan fasilitas untuk penumpang yang dapat menghubungkan kota Surabaya dengan kota-kota pelabuhan lain di Indonesia.

Tampilan antrian kendaraan yang hendak menyebrang melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung (sumberantara)
Tampilan antrian kendaraan yang hendak menyebrang melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung (sumber Antara)

Keempat, Pelabuhan Bakauheni (Lampung)

Pelabuhan Bakauheni ialah pelabuhan penyeberangan yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Pelabuhan ini merupakan akses penghubung antara pulau Jawa dengan Sumatera Melalui jalur Laut.

Luas Seluruh Pelabuhan ini mencapai 15 hektar. Sama halnya dengan Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni setiap harinya diperkirakan melayani ribuan kendaraan yang hendak ke Pulau Jawa maupun dari Pulau Jawa menuju sejumlah kota besar di pulau Sumatera yang mayoritas didominasi oleh kendaraan Bus dan Truck.

Tampilan Kawasan Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang (sumberantara)
Tampilan Kawasan Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang (sumber Antara)

Kelima, Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang)

Terletak di tepi Kota Semarang, Jawa Tengah Pelabuhan Tanjung Emas merupakan satu-satunya pelabuhan di Kota Semarang.

Pelabuhan ini memiliki sejumlah fasilitas pendukung antara lain pemecah gelombang, alur pelayaran, kolam pelabuhan, dermaga, fender, gudang, dan terminal seluas 3000 meter persegi.

Pelabuhan ini juga didukung oleh peralatan yang cukup mumpuni serta dapat mempercepat aktifitas bongkar muat kapal di pelabuhan, Peralatan tersebut meliputi kapal tunda, kapal pandu, kapal kepil, gudang, lapangan penumpukan, dan alat bongkar muat.

Pelabuhan Tanjung Emas mulai berkembang pada abad ke-16. Semula Pelabuhan Semarang berada di dekat di bukit Simongan (Gedong Batu, dekat Klenteng Sam Po Kong).

Karena lokasinya kurang strategis, lalu dipindah ke Kali Baru. Saat itu banyak kapal dagang dari Eropa dan Jepang, baik kapal uap maupun kapal layar berdatangan ke Pelabuhan Tanjung Emas.

Luas seluruh lahan Pelabuhan Tanjung Emas mencapai 500 hektar, Pelabuhan ini telah beroperasi sejak 23 November 1985.

Nah itulah pembahasan tentang pelabuhan terbesar yang ada di indonesia. bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top