Wajib Tau! Inilah Kapal Rumah Sakit Terbesar Di Dunia

tampilan USNS Comfort dari udara
USNS Comfort saat bersandar di New York, Amerika SerikatUSNS Comfort saat bersandar di New York, Amerika Serikat

Kapal Rumah sakit terbesar di dunia datang dari negara Amerika yang dimana rumah sakit umumnya digambarkan sebagai sebuah prasarana yang dibangun dengan tujuan sebagai tempat pelayanan kesehatan di suatu lokasi.

Namun seiring kemajuan teknologi, kini sistem rumah sakit dapat diterapkan pada sebuah alat transportasi yang memudahkan sistem pelayanan kesehatan menjangkau lokasi-lokasi yang tidak terdapat sistem pelayanan kesehatan dengan kualitas baik.

Salah satu moda transportasi yang saat ini cukup relevan untuk dibuat sebagai sistem pelayanan kesehatan ialah kapal, hal itu dikarenakan beberapa faktor mulai dari kondisi geografis, dimana sekitar 70% wilayah bumi diselimuti perairan, hingga kondisi infrastruktur jalan yang kurang memadai.

Tapi tahukah kamu ada kapal rumah sakit yang memiliki ukuran sangat besar?

Tampilan USNS Comfort saat berlayar dan MaintenanceTampilan USNS Comfort saat berlayar dan Maintenance

USNS Comfort merupakan salah satu kapal rumah sakit terbesar didunia, kapal rumah sakit ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat sejak 1 Desember 1987.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Kapal RORO?

Meski beroperasi dibawah kendali militer, namun kapal ini tidak hanya diperuntukan dalam pertempuran melainkan dapat digunakan pula untuk keperluan medis warga sipil.

USNS Comfort tiba di New York untuk membantu menangani pasien non-covidUSNS Comfort tiba di New York untuk membantu menangani pasien non-covid

Pada tahun 2020 kapal rumah sakit ini beroperasi dikota New York, Amerika Serikat untuk membantu menangani pasien non-covid.

Hal tersebut dikarenakan hampir seluruh rumah sakit dikota New York dipergunakan untuk menangani pasien Covid 19 sehingga masyarakat (Non-Covid) yang hendak berobat akan sangat kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan.

Kapal rumah sakit USNS Comfort (T-AH 20) tiba dibenua Amerika LatinKapal rumah sakit USNS Comfort (T-AH 20) tiba dibenua Amerika Latin

Awalnya Comfort dibangun sebagai kapal tanker minyak kelas San Clemente pada tahun 1976 oleh National Steel and Shipbuilding Company, Comfort sendiri memiliki Nama Asli ialah SS Rose City.

Pada 1 Desember 1987, SS Rose City dialih fungsikan menjadi Kapal Rumah Sakit dan Namanya diubah menjadi USNS Comfort serta secara resmi bertugas dibawah naungan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Serangkaian misi telah dilakukan oleh USNS Comfort seperti Perang Teluk Persia (1990), Operation Sea Signal (1994), Operation Uphold Democracy (1994), Operation Noble Eagle (2001), Perang Irak (2002), Badai Katrina (2005), dan masih banyak lagi.

USNS Comfort (T-AH 20) bersandar dipelabuhanUSNS Comfort (T-AH 20) bersandar dipelabuhan

USNS Comfort dilengkapi beragam fasilitas penunjang kesehatan seperti Helipad, 1000 kasur disiapkan untuk menangani pasien, 12 ruang operasi, peralatan radiologi, laboratorium kedokteran, apotek, laboratorium optometri, peralatan tomografi terkomputasi (CT scan), dan lain sebagainya.

USNS Comfort memiliki dimensi Panjang 272 meter, Lebar 32,18 m, serta dapat melaju hingga kecepatan 175 knot.

Baca Juga: Wonder Of The Seas Salah Satu Kapal Terbesar Didunia

Hal yang wajib kamu ketahui seputar USNS Comfort ialah seluruh kru yang bertugas dikapal ini tidak dibekali senjata ofensif, sehingga jika terjadi penyerangan kepada kapal ini akan dianggap sebagai kejahatan perang.

Lalu apakah Indonesia memiliki kapal rumah sakit?

Tampilan KRI dr. SoeharsoTampilan KRI dr. Soeharso

KRI dr. Soeharso merupakan salah satu kapal rumah sakit yang dimiliki oleh Indonesia, kapal ini beroperasi dibawah kendali TNI Angkatan Laut.

KRI dr. Soeharso dibangun pada tahun 2003 oleh Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan serta diluncurkan pada akhir tahun 2003.

KRI dr.Soeharso memiliki dimensi Panjang 122 meter, Lebar 22 meter, serta dapat melaju hingga kecepatan 12 knot.

Untuk menunjang pelayanan Kesehatan kapal ini sudah dilengkapi 3 helikopter dan 3 Kapal kecil yang dapat membantu KRI dr.Soeharso dalam memobilisasi pasien serta tenaga medisnya.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top