Ilustrasi tampilan salah satu maskapai Citilink Indonesia saat hendak Take Off(sumber/daftarisiku)

Mengenal Maskapai Citilink Indonesia

Citilink Indonesia merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier, maskapai ini telah berdiri sejak tahun 2001 sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU).

Pada tahun 2001 maskapai Garuda Indonesia mendirikan anak usaha baru yang bertujuan untuk melayani rute penerbangan bertarif rendah di Indonesia yang akan mulai beroperasi pada tanggal 16 Juli 2001.

Pesawat yang digunakan pada saat itu ialah Pesawat bertipe Fokker F28 yang ditransfer dari armada Utama Garuda Indonesia sebanyak 2 unit.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Maskapai Susi Air

Rute yang dilayani oleh maskapai Citilink pada saat itu ialah rute tujuan destinasi yang tidak dilayani oleh Garuda Indonesia seperti Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, Tarakan, dan sebagainya.

Menjelang akhir tahun 2001 maskapai Garuda Indonesia Kembali memberikan sebanyak 5 armada Fokker-28 untuk memperkuat armada Citilink kala itu.

Maskapai Citilink mengalami perkembangan yang cukup baik sehingga ditahun 2004 maskapai ini telah melayani sekitar 10 destinasi rute penerbangan.

disaat yang sama Maskapai Garuda Indonesia selaku maskapai utama yang mana merupakan Induk perusahaan dari Citilink mulai melakukan penggantian pesawat yang beroperasi dibawah naungan Citilink dari Fokker 28 Citilink dengan Boeing 737-300.

Dengan beragam faktor baik internal maupun eksternal maka ditahun 2008 Maskapai Citilink tidak beroperasi sementara waktu hingga ditahun 2009 maskapai Citilink Kembali hadir dengan tampilan yang berbeda.

Selama penghentian operasional dari Citilink Indonesia, maskapai tersebut terus berbenah dan menghadirkan beberapa pesawat modern seperti Boeing 737-300 dan Boeing 737-400 yang bertujuan untuk memaksimalkan kualitas pelayanannya.

Seiring berjalannya waktu pada tanggal 30 Juli 2012 maskapai ini secara resmi beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia setelah mendapatkan Air Operator Certificate (AOC).

Dengan begitu maka Citilink melakukan perombakan pada internalnya seperti mengubah tampilan logo maskapai, tanda panggi, seragam tugas baru, dan masih banyak lagi.

Saat ini maskapai Citilink telah melayani sebanyak 58 destinasi tujuan penerbangan, serta maskapai ini telah memiliki sebanyak 60 Unit yang didominasi oleh pesawat tipe Airbus A320-200.

Baca Juga: NASA Perkenalkan Pesawat Supersonik X-59 QueSST

Maskapai Citilink memiliki tampilan livery yang serupa dengan maskapai Garuda Indonesia hanya saja warna yang digunakan pada Citilink didominasi oleh aksen warna Hijau sedangkan Garuda Indonesia menggunakan warna biru sebagai warna khas dari maskapai tersebut.

Demikianlah pengenalan singkat tentang maskapai Citilink, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top