Tampilan eksterior samping dari bus sleeper bersasis tronton milik PO Borlindo (Gambar Diambil Dari: Dok. BorlindoMJ)

Inilah Bus Sleeper Dengan Sasis Tronton Pertama Di Indonesia

Inilah Bus Sleeper Dengan Sasis Tronton Pertama Di Indonesia, yang meluncur pada 3 Januari 2024 lalu. Karoseri bus yang berpusat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yaitu New Armada secara resmi merilis bus sleeper bersasis tronton pertama di Indonesia pada awal tahun 2024.

Sasis tronton sendiri merupakan sebuah istilah yang sering digunakan oleh para pecinta bus tanah air untuk menyebutkan suatu model sasis dengan mekanisme penggerak 6×2.

Dimana sasis bus dengan tipe penggerak tersebut juga kerap kali dijuluki sebagai sasis premium, hal itu karena umumnya sasis tipe 6×2 dibandrol dengan harga yang diproyeksikan menyentuh angka miliyaran rupiah.

Baca Juga: Hyundai Pasarkan Bus Listrik Di Indonesia Dan Ini Dia Tampilannya

Terlepas dari itu, bus sleeper bersasis tronton yang diluncurkan kepublik oleh New Armada beberapa minggu lalu, diketahui merupakan pesanan dari Perusahaan otobus Borlindo Mandiri Jaya.

Hal itu tentu menjadikan Borlindo Mandiri Jaya sebagai perusahaan otobus pertama di Indonesia yang mengoperasikan bus sleeper bersasis tronton.

Secara spesifikasi bus dengan konsep Sleeper ini sendiri kabarnya diproduksi diatas sasis bus Volvo versi lama.

Dan ada juga yang menyebutkan bahwa sasis tersebut tidak dalam keadaan baru saat diproduksi menggunakan body Skylander R22 tipe Sleeper (Skylander R22 Aero 9 SLR).

Dimana itu bukanlah hal baru di industri bus tanah air, yang mana memang hampir setiap 3 hingga 6 tahun sekali.

Pihak operator bus dalam hal ini ialah PO melakukan pergantian body guna mengikuti perkembangan model bus di tanah air.

Selain itu selama sasis bus yang menopang body masih dalam keadaan prima dengan usia pakai yang tidak terlalu tua, maka pergantian body bus bisa dilakukan.

Baca Juga: Mengenal Singkat Sasis Bus Scania K450CB Di Indonesia

Untuk model sasisnya sendiri, bus sleeper bersasis tronton ini mengandalkan sasis bus Volvo B11R 430 HP Euro 3, dan dibekali sebanyak 41 seat dengan konfigurasi kursi 2-1.

Berdasarkan informasi resmi yang ada, bus sleeper tersebut melayani rute perjalanan Makassar – Palu, untuk fasilitasnya sendiri bus ini telah dilengkapi dengan CCTV, USB charger dan masih banyak lagi.

Itu dia ulasan singkat tentang Inilah Bus Sleeper Dengan Sasis Tronton Pertama Di Indonesia, dan kunjungi digitalototransport.com untuk update hal baru seputar transportasi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top