Tampilan sasis bus Scania K450CB dan K410CB (Gambar Diambil Dari: PerpalZ TV (Youtube)

Mengenal Singkat Sasis Bus Scania K450CB Di Indonesia

Mengenal Singkat Sasis Bus Scania K450CB Di Indonesia, yang mana sasis bus model ini telah terlihat ke publik pada pertengahan tahun 2023.

Scania K450CB merupakan salah satu sasis bus dengan tenaga terbesar di Indonesia saat ini, yang mana merek asal Swedia tersebut pada ajang GIIAS 2023 lalu terlihat menampilkan dua model sasis tronton produksinya ke publik.

Yang mana kedua sasis bus yang kami maksud tersebut ialah Scania seri K450CB dan K410CB, selain itu meski kedua model sasis bus ini secara penamaan berbeda.

Baca Juga: Mengenal JETBUS 3 Model Bus Andalan Adiputro

Namun keduanya memiliki banyak kesamaan, yang mana salah satunya ialah kedua sasis bus model tersebut sudah menggunakan dashboard kemudi bawaan Scania.

Dimana kabarnya dashboard kemudi tersebut tidak boleh dilepas dan diganti oleh dashboard kemudi produksi karoseri bus dalam negeri.

Serta secara tampilan dashboard kemudi bawaan dari Scania ini terlihat sangat compact dengan sejumlah fitur yang terpasang disana.

Untuk sektor dapur pacunya sendiri, Scania K450CB telah dibekali dengan mesin tipe DC-13 143 dan mesin model ini dapat menghasilkan tenaga diangka 450 HP, dengan torsi berkisar 2180 nm @950-1400 Rpm, 2350 nm @1000-1300 Rpm.

Kemudian tenaga sebesar itu disalurkan melalui Transmisi 12 percepatan dan 2 mundur tipe Scania Opticruise GSR895R, serta sasis model ini juga sudah didukung oleh fitur retarder tipe R3500.

Disisi lain sasis bus tipe K450CB produksi Scania juga telah dibekali dengan sistem pengereman Disc Brake, yang mana sistem pengereman model ini dinilai lebih baik oleh beberapa pihak.

Selain itu sasis bus Scania model ini juga sudah disematkan dengan beragam fitur canggih mulai dari Electronic Braking System (EBS), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold, Overturn Protection, Electric Parking Brake, dan sebagainya.

Disisi lain mungkin akan ada banyak pertanyaan mengenai “bisakah sasis bus model ini menggunakan bahan bakar sesuai kebijakan pemerintah” dan jawabannya adalah Bisa.

Baca Juga: Melihat Bus Timnas Indonesia Di AFC ASIAN CUP 2023 QATAR

Dimana dikutip dari website resmi United Tractor selaku distributor tunggal Scania, menyampaikan bahwasanya sasis bus Scania New Generation yang terdiri dari beberapa tipe (termasuk K450CB) dapat mengkonsumsi bahan bakar Bio Diesel tipe B0-B100.

Itu dia ulasan kami Mengenal Singkat Sasis Bus Scania K450CB Di Indonesia, dan kunjungi digitalototransport.com untuk update hal baru seputar transportasi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top