Tampilan Eksterior Depan dari JETBUS 3 generasi 1 (Gambar Diambil Dari: Alif (Facebook)

Mengenal JETBUS 3 Model Bus Andalan Adiputro

Mengenal JETBUS 3 Model Bus Andalan Adiputro yang masih populer sampai saat ini. Yang mana mungkin banyak dari kita sering melihat model bus satu ini terparkir di sejumlah terminal antar kota di Indonesia dan di tahun 2023 lalu tepatnya di ajang GIIAS 2023.

Menjadi momentum berakhirnya produksi massal dari bus tipe JETBUS 3 oleh karoseri AdiPutro yang berpusat di malang, Jawa Timur.

Dimana pada event otomotif terbesar di Indonesia ini, Adiputro secara resmi memperlihatkan ke publik model bus terbarunya yang dilabeli sebagai JETBUS 5.

Terlepas dari hal itu mari kita mengenal terlebih dahulu model bus yang satu ini yaitu JETBUS 3, yang merupakan salah satu model bus terlaris di Indonesia.

Baca Juga: Melihat Bus Timnas Indonesia Di AFC ASIAN CUP 2023 QATAR

Dimana ada banyak sekali perusahaan otobus yang terlihat mengoperasikan model bus satu ini pada Layanannya, dan paling banyak terlihat disegmentasi layanan bus Antar Kota Antar Provinsi atau AKAP.

JETBUS 3 Sendiri diluncurkan oleh Adi Putro pada tahun 2018 sebagai generasi penerus dari JETBUS 2 yang telah hadir lebih dulu yaitu sekitar tahun 2014.

Dan sama seperti update sebelumnya, yang mana perubahan paling mencolok dari JETBUS 3 terletak pada tampilan eksterior depan serta belakangnya.

Untuk tampilan depannya sendiri terlihat adanya perubahan model lampu depan dari JETBUS Generasi terbaru ini.

Dimana JETBUS 3 menggunakan model headlamp dengan karakter desain yang lebih melebar dibandingkan JETBUS Seri sebelumnya yang cenderung lebih sipit.

Di JETBUS 3 ini juga Adiputro untuk pertama kalinya memperlihatkan model lampu baik depan maupun belakang dengan fitur sein mengalir, yang mana lampu sein dengan fitur tersebut terlihat lebih keren serta premium.

Selain pada sistem pencahayaan utamanya, Adiputro juga melakukan penyegaran pada tampilan rumah foglamp depan dari JETBUS Series.

Yang mana diseri ini terlihat model dan dimensi foglamp yang diaplikasikan pada JETBUS 3 tersebut senada dengan karakter desain dari headlamp yang dikenakannya.

Selain penggunaan model lampu depan terbaru, Adiputro juga melakukan penyesuaian pada tampilan bando depannya, terutama mengenai aksen warna dan dimensi dari bando model tersebut.

Pada JETBUS generasi 3 ini juga Adiputro Menjadikan Bando depan sebagai salah satu standar desain dari JETBUS Generasi 3nya, sehingga mayoritas bus model ini akan dirilis menggunakan model bando tersebut.

Selain bando, Spion model cangkul yang dahulu hanya terpasang pada JETBUS 2 Versi Flagshipnya saja, kemudian di JETBUS generasi terbaru ini spion model tersebut sudah menjadi standar bawaan pabrikan.

Selain terfokus pada bagian eksterior depan, Adiputro juga melakukan cukup banyak update pada bagian eksterior belakangnya.

Hal itu seperti pengguna model stoplamp dengan fitur lampu LED dan LED Strip yang semakin menambah meriah tampilan belakang dari JETBUS generasi ke 3.

Beralih kebagian samping dari JETBUS 3, yang mana diawal kehadirannya terlihat Adiputro masih mempertahankan konsep selendang samping yang sama seperti JETBUS seri sebelumnya.

Yaitu penggunaan selendang samping dengan konsep dan desain yang terinspirasi dari bus setra topclass 500.

Tampilan Interior JETBUS 3 (Gambar Diambil Dari: Astri Andi Kurniawan (Facebook)
Tampilan Interior JETBUS 3 (Gambar Diambil Dari: Astri Andi Kurniawan (Facebook)

Selanjutnya mari kita lihat kebagian Interior dari JETBUS 3, yang mana dibagian ini perubahan yang paling mencolok terletak pada tampilan dashboard kemudinya yang terlihat lebih atraktif dan mayoritas tombol yang ada dibagian dashboard dapat dengan mudah dijangkau oleh pengemudi.

Terlepas dari itu semua, diusianya yang belum genap setahun sejak diluncurkannya bus model ini ke Publik, Adiputro kembali berinovasi dengan meluncur versi terbaru dari JETBUS 3 yang dilabeli sebagai JETBUS 3+.

Di seri JETBUS 3+ ini perubahannya terletak pada bagian foglampnya yang kini tampil lebih berkarakter dan hal itu dipertegas dengan adanya perpaduan lampu LED yang terpasang dikedua sisi Foglampnya.

Perubahan selanjutnya terletak pada tampilan bando depan dari JETBUS 3+, yang diversi ini tampil dengan Bahasa desain yang lebih tegas dari versi sebelumnya.

Baca Juga: Review JETBUS 5 Single Glass Berkode 3E 206 Milik PO Budiman

Kemudian untuk bagian sampingnya sendiri JETBUS 3+ ini sudah mengaplikasikan fitur tambahan berupa lampu perkotaan yang terpasang di bagian sampingnya.

Diwaktu yang sama juga, Adiputro untuk pertama kalinya memperlihatkan JETBUS Series dengan konsep lowdrive yang dilabelinya sebagai bus Ultra High Deck atau UHD.

Bus model UHD sendiri memiliki keunggulan pada kapasitas angkut bagasinya yang lebih besar dibandingkan bus pada umumnya, dan posisi kabin penumpang dengan pengemudi juga terpisah.

Yang mana ruang kemudi berada di deck bawah, sedangkan kabin penumpang berada dideck atasnya dan dibawah deck penumpang terdapat ruang bagasi yang begitu luas hingga dapat memuat banyak kendaraan sepeda motor.

Kemudian diajang GIIAS tahun 2019, Adiputro kembali memperlihatkan Inovasinya dengan meluncurkan JETBUS 3+ Versi Facelift.

Dimana pada varian ini terlihat adanya perubahan tampilan bumper depan yang tampilannya lebih sporty dan berkarakter.

Serta bando pemisah kaca depan pada JETBUS 3+ Versi Facelift ini juga terlihat lebih elegan berkat list Chrome yang terletak ditengah-tengah bando model tersebut.

Dan Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada JETBUS 3+ versi Facelift tipe normal floor saja, yang mana di JETBUS 3+ Facelift versi Super Double Deckernya atau SDD terlihat adanya model Selendang terbaru yang terpasang dibagian samping dari bus model tersebut.

Tampilan selendang Geprek yang terpasang pada JETBUS generasi ke 3 (Gambar Diambil Dari: Andika M. Adiitama (Facebook)
Tampilan selendang Geprek yang terpasang pada JETBUS generasi ke 3 (Gambar Diambil Dari: Andika M. Adiitama (Facebook)

Selendang dengan desain melebar dan tebal ini dilabeli oleh Adiputro sebagai selendang model Voyager atau sering juga disebut sebagai “selendang Geprek”.

Disamping itu sebenarnya selendang model ini hanya direncanakan terpasang pada JETBUS 3+ Facelift SDD saja.

Namun karena adanya banyak permintaan maka Selendang Voyager ini dapat kita temui di hampir seluruh varian JETBUS series.

Kemudian diakhir tahun 2019, Adiputro menghadirkan tipe body baru yang diperuntukkan bagi sasis bus yang memiliki GVW dan power mesin yang nanggung.

Dimana tipe body tersebut ialah MHD atau Medium High Deck, yang mana body bus tipe ini memiliki spesifikasi dimensi body diatas bus tipe HDD dan dibawah Bus SHD.

Sehingga meski secara dimensi tidak setara dengan body tipe SHD, namun bagasi dari bus berbody MHD dapat memuat sepeda motor selayaknya bus berbody SHD.

Baca Juga: Mengulas JETBUS Generasi 2 Produksi Adiputro Malang

Untuk dimensinya sendiri sebagai contoh ialah JETBUS 3+ MHD yang memiliki panjang keseluruhan body diangka 12 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi berkisar 3,85 meter.

Setelah merilis JETBUS 3+ Facelift versi MHD ke Publik, Adiputro hanya melakukan perubahan kecil saja pada JETBUS Generasi ke 3nya.

Yang mana baru ditahun 2020, Adiputro meluncurkan varian body terbaru dari JETBUS 3+ Facelift yaitu JETBUS 3+ Facelift versi Dream Coach.

Dream Coach sendiri merupakan identitas dari body bus besar dengan konsep sleeper produksi karoseri Adiputro, dan model bus ini menjadi akhir dari pembahasan kita mengenai JETBUS generasi ke 3.

Itu dia ulasan tentang Mengenal JETBUS 3 Model Bus Andalan Adiputro dan kunjungi digitalototransport.com untuk update hal baru seputar transportasi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top