Mengenal Kereta api Brantas beserta sejarah dibaliknya

Begini tampilan KA Brantas saat berhenti distasiun Cirebon

Mengenal Kereta api Brantas beserta sejarah dibaliknya, yang mana beberapa waktu lalu kita telah dikejutkan dengan sebuah kecelakaan yang melibatkan KA Brantas.

Yang mana nama dari kereta tersebut saat ini terus dibicarakan oleh banyak pihak, termasuk media asing yang turut serta menyoroti insiden tersebut.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami ingin mengajak kamu untuk mengenali lebih jauh seputar kereta api Brantas.

Kereta api Brantas atau sering disebut juga sebagai KA Brantas merupakan nama dari sebuah rangkaian kereta yang telah beroperasi sejak 1 Oktober 1998.

Dimana kala itu KA Brantas ditugaskan untuk beroperasi melayani rute perjalanan dari Kediri menuju Tanah Abang via Manggarai.

Baca Juga: Mengenal Kereta Api Pertama Di Sulawesi Selatan

Dan saat itu KA Brantas difokuskan untuk beroperasi pada segmentasi layanan kelas ekonomi saja, kemudian pada tahun 2014 rute perjalanan dari KA Brantas di perbaharui oleh KAI.

Dimana KA Brantas pada tahun tersebut ditugaskan untuk beroperasi pada rute perjalanan dari Kediri menuju Tanjung Priok melalui Stasiun Semarang Poncol.

Tidak sampai disitu, yang mana pada tahun 2017an, KA Brantas kembali mendapatkan perubahan rute perjalananan.

Yang mana sejak tahun 2017 sampai saat ini KA Brantas ditugaskan untuk mengisi rute perjalanan dari Blitar menuju Jakarta dengan pemberhentian akhir di Stasiun Pasar Senen.

Disamping itu KA Brantas merupakan sebuah rangkaian kereta api yang namanya diambil dari nama sungai terpanjang kedua di pulau Jawa, yakni sungai Brantas.

Baca Juga: Ini Dia Spesifikasi Kereta Cepat Jakarta Bandung

Dikutip dari beberapa sumber media lainnya menyebutkan bahwa KA Brantas merupakan salah satu rangkaian kereta yang berada dibawah kendali Daerah Operasi (DAOP) VII Madiun, Jawa Timur.

Jika dahulu KA Brantas hanya ditugaskan pada segmentasi layanan kelas ekonomi saja, maka saat ini dalam rangkaian KA Brantas telah terdiri dari beberapa gerbong dengan fungsi dan kelas yang berbeda-beda.

Yang mana rangkaian KA Brantas sendiri terdiri dari gerbong Ekonomi AC, Eksekutif, kereta makan dan kereta untuk sistem pembangkit.

Dengan adanya berbagai kelas layanan tersebut membuat harga tiket dari KA Brantas tidak merata alias beda kelas, beda harga.

Dimana untuk harga tiket kereta api Brantas kelas Ekonomi AC berkisar mulai dari Rp 250 ribu, dan kelas Eksekutif sekitar Rp 510 ribu.

Itu dia pembahasan kita Mengenal Kereta api Brantas beserta sejarah dibaliknya dan bagi kamu yang ingin menjadi yang terupdate seputar perkembangan transportasi bisa langsung kunjungi digitalototransport.com.

 


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top