Mengenal Terminal Bus Rajabasa Lampung

Tampilan Udara Terminal Bus Rajabasa

Mengenal Terminal Bus Rajabasa Lampung, yang mana Rajabasa ialah nama dari terminal bus tipe A yang berlokasi di provinsi Lampung dan terminal ini sendiri diketahui telah dibangun pada tahun 1980an serta menjadi salah satu terminal bus terbesar di pulau Sumatera.

Sedangkan untuk nama dari terminal bus tersebut sepertinya diambil dari nama kabupaten yang menjadi lokasi dari terminal bus Rajabasa yaitu kabupaten Rajabasa.

Terminal bus tipe A Rajabasa juga merupakan sebuah terminal bus yang awalnya memiliki luas kawasan terminal mencapai 12 hektare, namun karena status pengelolaanya dipindahkan ke pemerintah pusat pada tahun 2017.

Baca Juga: Inilah Beberapa Perusahaan Otobus Lintas Nusa Tenggara Barat

Kabarnya membuat luas dari terminal bus tipe A Rajabasa mengalami penyusutan, yang mana saat ini terminal bus tersebut memiliki luas kawasan sekitar 4,2 hektare.

Terminal bus tipe A Rajabasa sendiri memiliki peran yang cukup penting terhadap mobilitas masyarakat provinsi Lampung, yang mana terminal bus ini menjadi salah satu titik pemberangkatan dan kedatangan dari sejumlah moda layanan transportasi darat.

Termasuk bus dengan layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) serta Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dari dan menuju Provinsi Lampung.

Disamping itu Terminal bus tipe A Rajabasa juga berperan sebagai terminal bus lintasan, dimana armada bus yang melewati wilayah provinsi Lampung akan singgah ke terminal ini terlebih dahulu, sebelum nantinya melanjutkan kembali perjalanan menuju rute utamanya.

Selain itu kabarnya pada tahun 2020 Terminal bus tipe A Rajabasa telah mengalami revitalisasi, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari terminal tersebut.

Baca Juga: Mengenal Klakson Basuri Pada Bus

Dimana terminal bus terbesar di Provinsi Lampung ini telah mendapatkan pembaharuan berupa penambahan fasilitas ruang tunggu, toilet umum hingga melakukan penggantian pada bagian atap dan lantai dari terminal Rajabasa.

Terlepas dari itu terminal bus Rajabasa juga sudah didukung dengan fasilitas area kuliner, zona tiketing, hingga kawasan parkir kendaraan yang luas dan bersih.

Itu dia pembahasan kita Mengenal Terminal Bus Rajabasa Lampung dan bagi kamu yang ingin menjadi yang terupdate seputar perkembangan transportasi bisa langsung kunjungi digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top