Inilah Beberapa Perusahaan Otobus Lintas Nusa Tenggara Barat

Tampilan Area Parkir Bus Di Terminal Dara, Bima (Gambar Diambil Dari: Agen Tiket Bus Terminal Dara (Facebook)

Inilah Beberapa Perusahaan Otobus Lintas Nusa Tenggara Barat yang bisa kamu naiki saat bepergian menuju wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebagai sebuah moda transportasi massal yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Membuat populasi dari kendaraan bus sangatlah banyak dan mayoritas bus antar kota di Indonesia dioperasikan oleh perusahaan transportasi swasta.

Dan pada pembahasan kali ini kami akan mengajak kamu untuk melihat ada perusahaan otobus swasta apa saja yang melayani rute perjalanan reguler lintas Nusa Tenggara Barat, berikut ulasannya. 

1. RASA SAYANG 

Rasa Sayang merupakan perusahaan otobus yang berpusat diprovinsi Nusa Tenggara Barat, sekaligus menjadi salah satu perusahaan transportasi bus tertua diprovinsi tersebut.

Dimana PO yang identik dengan warna livery putih, merah, dan Hijau ini sudah beroperasi sejak tahun 1992.

Dan sejak tahun tersebut Rasa Sayang sudah beroperasi melayani rute perjalanan dari Bima menuju Jakarta maupun sebaliknya.

Sedangkan untuk mendukung operasionalnya, perusahaan otobus asal NTB ini mengoperasikan beragam model bus produksi karoseri Rahayu Santosa seperti New Celcius, Evolution Series, dan sebagainya.

Namun sejak karoseri Rahayu Santosa resmi berhenti beroperasi, Perusahaan otobus Rasa Sayang mulai menjajaki berbagai model bus produksi karoseri lainnya seperti Jetbus Series dan Legacy Series.

2. SURYA KENCANA 

Surya Kencana merupakan salah satu perusahaan otobus yang bisa dikatakan cukup populer di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dimana perusahaan otobus yang identik dengan livery berwarna biru dan terdapat objek kuda ini didirikan Oleh Bapak Sugianto Angir sekitar tahun 1988.

Serta saat ini Surya Kencana telah mengoperasikan sekitar 20 unit bus dan dioperasikannya pada rute perjalanan Bima – Dompu – Sumbawa – Mataram.

Disamping itu hampir seluruh armada bus yang dioperasikan oleh perusahaan otobus ini menggunakan model body produksi karoseri Tentrem seperti Avante series, Scorpion X, dan sebagainya. 

Baca Juga: Benarkah Karoseri Laksana Akan Luncurkan Model Bus Baru

3. DUNIA MAS

Selanjutnya ada perusahaan otobus dengan nama Dunia Mas, yang merupakan sebuah perusahaan transportasi yang melayani rute perjalanan dari Bima menuju Jakarta maupun sebaliknya.

Perusahaan otobus yang identik dengan livery bergambar buah apel ini didirikan oleh bapak Muhidin Daeng Jubaida.

Yang mana beliau sendiri merupakan pendiri dari PT Garuda Jaya Indonesia group dan salah satu lini bisnis dari PT Garuda Jaya Indonesia group tersebut ialah bisnis disektor transportasi bus dengan merek dagang Dunia Mas.

Yang mana untuk mendukung operasionalnya, perusahaan otobus Dunia Mas terlihat cukup banyak mengoperasikan armada bus dengan balutan body produksi Laksana.

4. LANGSUNG INDAH

Perusahaan otobus lintas Nusa Tenggara Barat Selanjutnya ialah PO Langsung Indah, yang mana perusahaan transportasi ini memiliki rute perjalanan yang hampir sama dengan kedua PO sebelumnya yaitu Rasa Sayang dan Dunia Mas.

Dimana perusahaan otobus Langsung Indah sendiri sampai saat ini masih aktif melayani rute perjalanan dari Bima menuju Jakarta maupun sebaliknya.

Yang mana karoseri bus Morodadi Prima menjadi pabrikan bus yang memproduksi armada bus milik PO Langsung Indah.

Sedangkan untuk sasisnya sendiri Langsung Indah lebih banyak mengoperasikan armada bus bersasis Mercedes Benz.

5. TITIAN MAS

Perusahaan otobus dengan trayek lintas Nusa Tenggara Barat selanjutnya ialah perusahaan otobus Titian Mas, yang mana PO ini memiliki rute perjalanan yang tersebar di beberapa pulau, termasuk Pulau Jawa.

Meski memiliki cukup banyak trayek perjalanan dari dan menuju pulau Jawa, namun Titian Mas sampai saat ini belum memiliki rute perjalanan langsung ke Jakarta.

Sedangkan untuk armada bus yang dioperasikan oleh Titian Mas sendiri cenderung lebih beragam jika dibandingkan beberapa perusahaan otobus sebelumnya.

Dimana PO Titian Mas mengoperasikan beragam model bus produksi Laksana, Adiputro, Morodadi Prima, dan sebagainya.

Baca Juga: Melihat Uji Tabrak Depan Bus Laksana

6. TIARA MAS

Sama halnya dengan perusahaan otobus Titian Mas, dimana armada bus yang dioperasikan oleh perusahaan transportasi Tiara Mas sendiri cenderung lebih beragam.

Dimana untuk menunjang operasionalnya PO ini mengandalkan armada bus produksi dari pabrikan Laksana, Tentrem, Adiputro, dan sebagainya.

Sedangkan untuk rute perjalanannya sendiri PO Tiara Mas memiliki rute perjalanan jarak jauh Jakarta – Bima, dan beberapa rute perjalanan lainnya yang tersebar diberbagai wilayah di pulau Jawa, Bali, hingga Sumbawa.

7. SURABAYA INDAH

Surabaya Indah merupakan sebuah perusahaan otobus lintas Nusa Tenggara Barat yang tidak beroperasi hingga ke wilayah Surabaya.

Terdengar unik bukan, membawa nama kota Surabaya namun tidak sampai ke Surabaya.

Namun perlu kamu ketahui juga bahwasannya PO Surabaya Indah merupakan salah satu perusahaan otobus lintas Nusa Tenggara Barat.

yang mana PO ini melayani rute perjalanan dari Bima melintasi Sumbawa hingga ke Mataram.

Sedangkan untuk armada bus yang dioperasikan oleh PO Surabaya Indah ini rata-rata menggunakan body bus produksi New Armada.

Itu dia pembahasan mengenai Inilah Beberapa Perusahaan Otobus Lintas Nusa Tenggara Barat, dan Bagi kamu yang ingin selalu update seputar perkembangan transportasi bisa langsung kunjungi digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top