Sederet Perusahaan Otobus Yang Identik Dengan Satu Desain Livery

Bus Berbody Marcopolo Milik PO Harapan Jaya (Sumber Gambar/puramoz.blogspot)

Kali ini kita akan membahas Sederet Perusahaan Otobus Yang Identik Dengan Satu Desain Livery, yang sebagaimana kita ketahui livery pada bus merupakan sebuah identitas visual yang bertujuan agar konsumennya dapat lebih mudah mengenali suatu perusahaan otobus tertentu.

Namun trend livery bus terus mengalami perkembangan yang cukup cepat sehingga banyak perusahaan otobus menggunakan beragam livery pada body bus miliknya.

Baca Juga: Mengenal Legacy SR-2 Salah Satu Body Bus Favorite Produksi Karoseri Laksana

Dengan penggunaan desain livery yang mengikuti trend, hal ini nantinya bertujuan agar tampilan bus lebih fresh atau baru sehingga dapat memikat lebih banyak penumpangnya.

Namun terdapat beberapa perusahaan otobus yang setia hanya menggunakan satu desain livery saja selama bertahun-tahun. Berikut Perusahaan Otobus yang menggunakan satu desain levery.  

Bus Primajasa Berbody Jetliner Produksi Rahayu Santosa (Sumber Gambar/Twitter/Noped)
Bus Primajasa Berbody Jetliner Produksi Rahayu Santosa (Sumber Gambar/Twitter/Noped)

Pertama, PO Primajasa

PO Primajasa merupakan perusahaan penyedia jasa layanan transportasi yang sudah beroperasi sekitar tahun 1990-an dan didirikan oleh Bapak Amir Mahpud.

Primajasa sendiri ialah bagian dari Mayasari Group, dan Diusianya yang sudah tidak muda, PO Primajasa tetap konsisten dengan menggunakan satu desain livery yang menjadikan warna putih sebagai warna utama dan terdapat sejumlah garis berkelir merah.

Baca juga: E-Inobus Bus Listrik Medium Produksi PT INKA

Selain itu, kabarnya Primajasa juga lebih banyak mengoperasikan bus berchasis produksi jepang yaitu Hino dibandingkan merek chasis dari pabrikan lainnya.  

Bus Milik PO Raya Yang Dibalut Dengan Body Legacy Sr2 (Sumber Gambar/Yogiie)
Bus Milik PO Raya Yang Dibalut Dengan Body Legacy Sr2 (Sumber Gambar/Yogiie)

Kedua, PO Raya

Siapa yang tidak kenal dengan Perusahaan otobus yang satu ini, PO Raya pertama kali membuka layanan bus malamnya sekitar tahun 1982.

Nama Raya sendiri diambil dari nama tempat pembelian pertama bus miliknya yaitu di Jalan Raya Barat Bandung.

Pertumbuhan dari perusahaan otobus ini kian masif sehingga ditahun 1988 PO Raya mampu membeli perusahaan otobus Sedya Utama yang kemudian ia jadikan sebagai angkutan antar kota dengan rute Yogyakarta-Solo.

Baca Juga: Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning?

PO Raya sendiri termasuk ke salah satu perusahaan otobus yang identik hanya menggunakan satu desain livery bus saja yaitu menggunakan warna putih dan merah sebagai dua warna dominannya hingga saat ini.  

Armada Harapan Jaya Berbody Jetbus 3+ Yang Dibangun Diatas Chasis O500RS 1836 (Sumber Gambar/Rizal Febri Ardiansyah)
Armada Harapan Jaya Berbody Jetbus 3+ Yang Dibangun Diatas Chasis O500RS 1836 (Sumber Gambar/Rizal Febri Ardiansyah)

Ketiga, PO Harapan Jaya

Harapan Jaya adalah perusahaan penyedia jasa layanan transportasi yang sudah beroperasi sejak tahun 1972 dan berpusat di Tulungagung, Jawa Timur. Bapak Harjaya Tjahjana merupakan pemilik sekaligus pendiri dari PO Harapan Jaya.

Diawal berdirinya PO Harapan Jaya mulai merintis rute perjalanan Tulungagung–Surabaya (pp) hingga ditahun 1993, Harapan Jaya Kembali melakukan ekspansinya dengan membuka sejumlah rute perjalanan ke sejumlah kota-kota besar dipulau Jawa seperti Jakarta dan Solo.

Baca Juga: Mengapa Produsen Bus Indonesia Menjual Chasisnya Saja?

Selain berkomitmen menjaga kualitas pelayanannya, PO Harapan Jaya juga tetap setia dengan menggunakan satu desain livery untuk rute bus lintas kota jarak menengah hingga jauh.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top