Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning?

Tampilan Bus Sekolah (Sumber GambarDok. Humas Trenggalek)

Bus Sekolah merupakan moda transportasi yang diperuntukan untuk pelajar mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK (Sederajat) untuk berpergian dari rumah menuju lokasi sekolah. Lalu Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning? berikut penjelasannya.

bus Sekolah hanya boleh dipergunakan oleh pelajar saja maka dari itu pengguna moda transportasi ini diwajibkan untuk menggunakan Seragam sekolah masing-masing serta membawa kartu identitas pelajar.

Baca Juga: Mengapa Produsen Bus Indonesia Menjual Chasisnya Saja? Berikut Pembahasannya

Bus sekolah sendiri umumnya didesain dengan warna dominan kuning pada bagian eksteriornya dan terdapat sejumlah objek menarik yang ditempatkan pada setiap sisi bodynya seperti gambar anak-anak dengan kata-kata ajakan sekolah hingga menampilkan desain kesenian suatu daerah.

Tapi mengapa bus sekolah dihampir seluruh dunia menjadikan warna kuning sebagai warna dominannya, lalu apa fungsi dan arti dari warna tersebut?.

Penggunaan warna dominan kuning pada bus sekolah diberbagai negara, berawal pada tahun 1939 yang mana seorang professor dari Columbia University Teachers College yaitu Dr. Frank W. Cyr melakukan kunjungan ke sekitar 10 negara bagian Amerika Serikat.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat kondisi bus sekolah di sejumlah negara bagian tersebut, Selama kunjungan itu Dr. Frank W. Cyr melihat banyak kendaraan sekolah yang dianggapnya kurang layak dan dimasukan ke kategori mengkhawatirkan.

serta lebih parahnya lagi dampak tersebut membuat banyak pelajar dinegara bagian itu tidak bisa berangkat ke sekolah dikarenakan jumlah kendaraan yang terbatas.

Kendaraan sekolah pada era tahun 1939 di negara Amerika Serikat tidak tertata seperti saat ini yang mana jenis kendaraannya pun beragam mulai dari truck, bus dan kendaraan lainnya yang dapat berjalan untuk mengantarkan pelajar dari rumah menuju sekolah termasuk gerobak gandum yang ditarik oleh kuda.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Saat Bertemu Bus Di Jalan

Ketidakseragaman kendaraan tersebut tentunya juga selaras dengan penggunaan warna kendaraan yang berbeda satu sama lainnya.

Setelah usai melakukan kunjungan tersebut kemudian Dr. Frank W. Cyr mengagaskan sebuah konferensi pada bulan April tahun 1939 yang mana pertemuan tersebut turut mengundang banyak pihak mulai dari Rockefeller Foundation, Pejabat atau pakar Transportasi, pengelola sekolah, hingga spesialis dari manufaktur bus sekolah hingga perusahaan cat.

Pertemuan ini diselenggarakan selama 7 hari dan hasil dari pertemuan tersebut menghasilkan sekitar 44 kesepakatan standarisasi kendaraan sekolah mulai dari Warna, Tinggi, Panjang hingga Lebar kendaraan.

Warna kuning dengan tulisan Hitam menjadi unsur warna utama yang wajib digunakan oleh seluruh bus sekolah di negara Amerika Serikat yang kemudian diadopsi oleh hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia.

Baca juga: Daimler Perkenalkan Generasi Terbaru Bus Setra ComfortClass Dan TopClass Coaches

Lalu apa alasan dibalik penggunaan warna kuning dan tulisan hitam pada bus sekolah? Warna kuning dipilih karena warna tersebut memiliki visibilitas tinggi baik itu saat pagi, siang dan malam hari. Selain itu dari warna kuning dinilai lebih cepat dikenali dibandingkan dengan warna atraktif lainnya.

Begitulah pembahasan mengenai Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning. Bagaimana menurut sahabat transport? Bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top