Jangan Lakukan Ini Saat Bertemu Bus Di Jalan

Bus transjakarta saat hendak merubah haluan (Sumber Gambar/ Wikimedia)

Bertemu dengan kendaraan berdimensi besar dijalan seperti bus, biasanya pengendara akan merasa lebih waspada ketimbang bertemu dengan kendaraan berdimensi sedang lainnya. Maka dari itu Jangan Lakukan Ini Saat Bertemu Bus Di Jalan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Pertama, Berhenti Mendadak Di Depan bus

Pada saat kamu berada didepan kendaraan bus jangan melakukan pengereman mendadak jika tidak diperlukan, hal ini dikarenakan sistem pengereman pada bus membutuh jarak agar dapat berhenti secara sempurna.

Baca Juga: Mengenal Terminal Bus Arjosari Malang

Alasan lainnya karena bus memiliki bobot yang berat sehingga sistem pengeremannya tidak sebaik kendaraan berdimensi sedang lainnya.  

Kedua, Jangan Berada disisi kanan ataupun kiri pada saat bus bermanuver

Pada saat bus menyalakan turn signal atau lampu sein sebaiknya kamu langsung menjauhi atau menghindari sisi tersebut.

Hal ini dikarenakan bus memiliki dimensi yang sangat Panjang berkisar 12-13.5 meter sehingga pada saat kendaraan tersebut hendak bermanuver baik itu berpindah jalur ataupun berbelok, Bus akan memerlukan ruang yang cukup besar dan apabila kamu berada sisi yang salah maka beresiko terjadinya gesekan ataupun benturan.

Ketiga, Gunakan Isyarat Saat Hendak Mendahului

Sebagaimana kita ketahui demi keamanan berkendara, bus tidak dapat berjalan dengan kecepatan tinggi sehingga kerap kali diselip oleh pengendara lainnya.

Saat sahabat transport hendak mendahului bus alangkah lebih baik pada saat hendak mendahului beri isyarat berupa kedipan lampu Dim dan bunyikan klakson terlebih dahulu serta jangan lupa untuk menyalakan lampu sein.

Hal ini bertujuan agar pengemudi bus mengetahui ada kendaraan yang hendak mendahuluinya sehingga bus tidak mengubah jalurnya atau bahkan memberikan ruang untuk pengendara lain mendahului kendaraannya.

Baca Juga: MCV 800 Bus Double Decker Produksi MCV

Dengan memahami segala aspek aturan lalu lintas yang ada dan mengetahui hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat berkendara sehingga dapat membuat kamu lebih aman saat perjalanan serta meminimalisir resiko terjadinya insiden dijalan raya.    

itulah beberapa hal tentang Jangan Lakukan Ini Saat Bertemu Bus Di Jalan, bagaimana menurut sahabat transport? berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top