5 Kereta Komersial Tercepat Di Dunia Tahun 2023

5 Kereta Komersial Tercepat Di Dunia Tahun 2023, China mendominasi posisi teratas.

Layanan transportasi berbasis rel (kereta) memang memiliki cakupan peminat yang sangat besar, jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Di Indonesia saja, kereta masih menjadi moda transportasi terfavorite dan menepati posisi pertama, mengalahkan moda transportasi bus yang berada di urutan kedua.

Selain itu ditengah semakin canggihnya teknologi dan sistem yang terus berkembang, turut pula mempengaruhi perkembangan serta pertumbuhan industri kereta dunia.

Dimana hal itu diperkuat dengan adanya layanan kereta berkecepatan tinggi atau biasa disebut juga sebagai kereta cepat di berbagai negara, tanpa terkecuali Indonesia. 

Baca Juga: Apa Itu Kereta Tanpa Rel

Disisi lain mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya, mengenai negara mana yang mengoperasikan kereta paling cepat didunia? Untuk itu berikut daftar kereta komersial paling cepat di dunia tahun 2023.

1. Shanghai Transrapid Maglev Train
Kecepatan: 267.8 mph (431 km/j)
Negara: China

2. CR400 Fuxing train
Kecepatan: 217.4 mph (350 km/j)
Negara: China

3. Whoosh
Kecepatan: 350 km/j
Negara: Indonesia

4. ICE 3
Kecepatan: 205 mph (330 km/j)
Negara: Jerman

5. TGV
Kecepatan: 198.8 mph (320 km/j)
Negara: Prancis

6. Shinkansen
Kecepatan: 198.8 mph (320 km/j)
Negara: Jepang

7. Al Boraq
Kecepatan: 198.8 mph (320 km/j)
Negara: Maroko

8. AVE S-103
Kecepatan: 192.6 (310 km/j)
Negara: Spanyol

Dari informasi diatas terlihat negara China cukup mendominasi peringkat dan mampu mengalahkan Jepang yang merupakan salah satu negara produsen kereta berkecepatan tinggi di dunia.

Baca Juga: Mengenal KA Brantas Beserta Sejarah Dibaliknya

Selain itu soal pengembangan dan pembangunan, China bisa dikatakan sebagai salah satu negara yang terbilang sukses dalam menjalankan dan mengembangkan proyek kereta cepat didalam negeri, dan China juga bisa dikatakan berhasil dalam proses pembangunan dan pengembangan kereta cepat di Indonesia.

Dimana hal ini membuat Indonesia menempati salah satu posisi teratas sebagai negara dengan layanan kereta Tercepat di dunia, bahkan jadi yang pertama di kawasan Asia Tenggara mengalah Laos-China Railway (LCR) yang kecepatannya hanya berada di kisaran angka 160 km/j.

Itu dia informasi mengenai 5 Kereta Komersial Tercepat Di Dunia Tahun 2023, dan kunjungi digitalototransport.com untuk mengetahui lebih jauh seputar transportasi.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top