Van Hool Resmi Perkenalkan Bus Listrik Produksinya Yaitu Van Hool A12

Tampilan Van Hool A12 (sumber gambar/Van Hool)

Van Hool Resmi Perkenalkan Bus Listrik produksinya yaitu Van Hool A12 pada ajang European Mobility Expo di Paris, Perancis.

Pameran tersebut merupakan ajang pameran moda transportasi umum berskala besar di benua tersebut (Eropa).

Selain Van Hool, Switch Mobility juga akan turut hadir pada ajang bergengsi ini dengan inovasi kendaraan baru produksinya yang memiliki dimensi Panjang mencapai 12 meter.

Baca juga: Mengapa Posisi Pengemudi Bus Lebih Rendah Dari Penumpang

Van Hool A12 merupakan kendaraan bus tanpa emisi yang artinya Van Hool A12 sudah berbasis energi listrik, Van Hool sendiri menyediakan sebanyak 4 varian dari seri A12.

Dari ke empat varian tersebut perubahan yang paling mencolok terletak pada dimensi Panjang kendaraan tersebut, mulai dari 12 meter, 13 meter, 18 meter, dan 24 meter.

Van Hool A12 juga telah dilengkapi dengan beragam powertrain nol emisi, mulai dari tenaga baterai listrik, sel bahan bakar hidrogen dan bus troli.

Bahkan sebelum bus ini diperkenalkan ke publik, Van Hool A12 sudah mendapatkan sebanyak 13 pesanan dengan jumlah bus yang mencapai 162 unit.

Selama penyusunan konsep dan pengembangan bus listrik Seri A tersebut, Van Hool mengatakan bahwasannya modularitas bus menjadi perhatian utamanya, selain berat dan daya tahan.

Sistem pemasangan modular terletak pada bagian atap kendaraan seperti Baterai, AC, dan sistem kendali. Dengan begitu Van Hool menilai dapat memudahkan penggantian komponen-komponen yang ada pada kendaraan listrik Seri A produksinya.

Selain sistem modular, Van Hool juga merancang bagian depan bus ini menjadi lebih aerodinamis, Kaca berdimensi besar (single glass) dipasangkan pada bagian depan bus dan tampilan lampu depannya sudah menggunakan LED generasi terbaru.

Van Hool juga telah memfasilitasi kabin penumpang dengan ruang penyimpanan berdimensi sedang yang dapat ditutup. Hal tersebut merupakan standar yang ditetapkan oleh Van Hool pada kendaraan listrik barunya.

Selain itu suhu pada kabin penumpang juga dapat dikendalikan melalui sistem yang didasarkan pada teknologi pompa panas dan pemulihan panas traksi.

Van Hool electric bus melengkapi bus ini dengan baterai yang ditenagai oleh dua gandar ZF Axtrax yang masing-masing mampu menghasilkan tenaga sekitar 140 kW (terlepas dari dimensi kendaraan), dengan kapasitas daya (baterai) mencapai 490 kWh hingga 686 kWh tergantung varian.

Baca Juga: Ini Dia Keunikan Dari Chasis Big Bus Produksi Golden Dragon

pabrikan ini juga berencana akan memasarkan bus berdimensi 24 meter dengan basis energi listrik sebagai sumber energi utamanya.

nah itulah tentang Van Hool Resmi Perkenalkan Bus Listrik produksinya yaitu Van Hool A12, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top