Mengenal Gunung Harta Perusahaan Otobus Asal Pulau Bali

Tampilan unit bus milik PO Gunung Harta Bali berbody Avante (Sumber Gambar/gununghartacom)

Gunung Harta Perusahaan Otobus Asal Pulau Bali yang telah melayani sejumlah trayek di pulau Jawa dan Bali. PO Gunung Harta didirikan oleh I Wayan Sutika pada tahun 1993.

Awalnya perusahaan otobus ini hanya beroperasi melayani trayek perjalanan Antar Kota Dalam Provinsi, seperti Denpasar-Gilimanuk dan sejumlah rute lainnya.

Baca Juga: Van Hool Resmi Perkenalkan Bus Listrik Produksinya Yaitu Van Hool A12

Dengan seiring berjalannya waktu di tahun 1995, PO Gunung Harta mulai melebarkan sayapnya dengan membuka trayek Antar Kota Antar Provinsi atau AKAP seperti Denpasar-Surabaya dan Denpasar-Malang, hingga pada tahun 2004 Perusahaan Otobus Gunung Harta tercatat memiliki sekitar 40 unit bus.

Kemudian anak dari I Wayan Sutika (pendiri PO Gunung Harta), yaitu I Gede Yoyok Santoso mulai mengembangkan PO Gunung Harta di kota Malang dengan mendirikan PO Gunung Harta Transport Solutions atau biasa dikenal dengan GHTS.

Gunung Harta Transport Solutions sendiri masih terafiliasi dengan PO Gunung Harta (Bali) yang dikelola oleh sang ayah.

Meski keduanya saling berkaitan namun livery yang digunakan oleh ke Perusahaan Otobus tersebut berbeda, sebagaimana kita ketahui warna hijau menjadi warna dominan dari livery milik PO Gunung Harta Transport Solutions sedangkan PO Gunung Harta (Bali) menggunakan warna merah sebagai warna utama pada liverynya.

PO Gunung Harta sendiri merupakan salah satu perusahaan otobus yang mengutamakan pelayanan dibandingkan kecepatan, namun bukan berarti bus ini lambat melainkan tidak mengejar waktu cepat sampai tujuan.

Perusahaan otobus ini juga sering kali menggunakan chasis dengan tipe Triple Axle atau yang kerap disebut sebagai Chasis “TRONTON”, dan PO Gunung Harta juga bermain di kelas pelayanan menengah ke atas.

Baca Juga: Mengapa Posisi Pengemudi Bus Lebih Rendah Dari Penumpang

Sehingga hampir seluruh unit yang ia operasikan menggunakan chasis-chasis bus buatan Eropa seperti Scania K410 IB series, Scania 360 IB Series, Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, Mercedes-Benz OC 500 RF OH 1836, hingga Volvo B11R.

Dan hal yang menarik dari PO ini ialah body bus yang ia gunakan hampir seluruhnya produksi Karoseri Adiputro salah satunya ialah Jetbus series, namun bukan berarti PO Gunung Harta tidak menggunakan body bus dari karoseri lainnya hanya saja populasinya tidak sebanyak body bus produksi Karoseri Adiputro.

Bagaimana menurut sahabat Transport tentang Gunung Harta Perusahaan Otobus Asal Pulau Bali? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top