SKS Bus Produsen Kendaraan Bus Asal Malaysia

Tampilan Bus produksi SKS Bus Malaysia (sumber gambar/ Suhirman)

SKS Bus Produsen Kendaraan Bus Asal Malaysia yang telah berdiri sejak tahun 1995. Awalnya SKS Bus berfokus pada segmen pengembangan, pembuatan, penjualan kendaraan komersial, dan karoseri body bus.

Namun seiring berjalannya waktu perusahaan ini (SKS Bus) turut melebarkan sayap dengan mulai berfokus dengan mengembangkan dan memproduksi chasis bus.

Baca Juga: Mengenal Gunung Harta Perusahaan Otobus Asal Pulau Bali

Sama halnya dengan produsen chasis bus asal Tiongkok yaitu Golden Dragon, SKS Bus hanya memproduksi chasis dan tidak membuat mesin.

Sehingga mesin-mesin yang ia gunakan berasal dari beberapa pabrikan dunia mulai dari MAN, Isuzu hingga Hino.

Pada tahun 2011 SKS Bus tercatat telah memproduksi lebih dari 800 unit bus, baik untuk sektor konsumen dalam negeri (Malaysia) maupun luar negeri.

SKS Bus juga berkomitmen untuk terus mengembangkan kualitas produknya hingga kemajuan teknologi menjadi komitmen utamanya.

SKS Bus telah berhasil memasarkan produknya ke sejumlah negara di dunia seperi Thailand, Indonesia dan sebagainya.

Ini Dia Unit Bus Berchasis SKS ASC-SF Produksi SKS Bus Dan Dipasangkan Body Bus Produksi Karoseri Laksana (Sumber Gambar/Instagram/Rakagfm28_)
Ini Dia Unit Bus Berchasis SKS ASC-SF Produksi SKS Bus Dan Dipasangkan Body Bus Produksi Karoseri Laksana (Sumber Gambar/Instagram/Rakagfm28_)

Di Indonesia chasis SKS Bus tipe SKS ASC-SF juga pernah masuk pasar bus Indonesia dan digunakan oleh PO Manhattan, chasis tersebut menggunakan mesin tipe Hino P11C- UJ Commonrail dan telah dilengkapi sejumlah fitur canggih seperti  ABS, Retarder, hingga Electronically Air Suspension (ECAS).

Baca Juga: Van Hool Resmi Perkenalkan Bus Listrik Produksinya Yaitu Van Hool A12

SKS Bus saat ini (2022) tengah melakukan riset dan pengembangan mengenai bus yang menggunakan basis energi Listrik atau Electric Vehicle melalui SKSRND.

dan diproyeksikan seluruh suku cadang yang akan digunakan pada bus listrik produksinya akan 100% buatan lokal (Malaysia) dan akan rampung dalam kurung waktu 5 Tahun kedepan.

Meski terkesan begitu agresif, namun apabila hal tersebut dapat terjadi maka Malaysia berkesempatan untuk memasok bus listrik maupun komponen produksinya ke berbagai negara dikawasan baik Asia Tenggara maupun dunia.

Bagaimana menurut sahabat transport tentang SKS Bus Produsen Kendaraan Bus Asal Malaysia? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top