Tourismo Model Bus Misterius Produksi Adiputro

Tampilan eksterior dari Tourismo produksi Adiputro (Gambar Diambil Dari: Shafrizal_25 (Instagram)

Ada salah satu bus unik di Indonesia yang cukup menarik perhatian pada masanya yaitu Tourismo Model Bus Misterius Produksi Adiputro.

Yang mana Adiputro merupakan salah satu karoseri bus di Indonesia yang produknya telah digunakan oleh banyak sekali perusahaan otobus.

dan hal ini membuat kita semua dapat dengan mudah menemui kendaraan bus dengan balutan body produksi karoseri asal Malang tersebut.

Baca Juga: Mengenal Bus Hino Mobile Workshop Beserta Spesifikasinya

Dimana Jetbus series menjadi produk Flagship dari karoseri Adiputro, yang saat ini kabarnya akan memasuki generasi ke 5 nya.

Selain model bus tersebut taukah kamu bahwa karoseri Adiputro juga pernah meluncurkan sebuah model bus yang populasinya hanya ada satu unit saja, dan bus tersebut sering disebut dengan nama “Tourismo” oleh para penggemar bus tanah air.

Tourismo sendiri merupakan sebuah model bus produksi karoseri Adiputro yang pernah ditampilkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2012.

Dan kehadirannya kala itu sontak membuat banyak pecinta bus tanah air merasa bingung, dimana bus yang dipamerkan tersebut tidak memiliki nama ataupun label selayaknya model bus produksi Adiputro lainnya.

Kemudian setelah event otomotif besar tersebut selesai diselenggarakan, unit bus pameran produksi Adiputro tersebut terlihat dioperasikan oleh salah satu perusahaan otobus tertua dipulau Jawa yaitu Safari Dharma Raya.

Yang mana kabarnya unit dari pameran tersebut saat itu dioperasikan oleh PO Safari Dharma Raya untuk mengisi divisi pariwisatanya.

dan setelah beberapa tahun kemudian barulah dioperasikan pada layanan Reguler dengan rute perjalanan Jakarta – Jogja PP (Rute Dapat Berubah).

Tampilan Bus Model Tourismo Milik PO Safari Dharma Raya Saat Dioperasikan Pada Layanan Reguler (Gambar Diambil Dari: Mas_bro.184official (Instagram)
Tampilan Bus Model Tourismo Milik PO Safari Dharma Raya Saat Dioperasikan Pada Layanan Reguler (Gambar Diambil Dari: Mas_bro.184official (Instagram)

Terlepas dari itu, taukah kamu bahwasannya bus dengan nama tidak resmi Tourismo ini merupakan hasil kolaborasi antara Daimler yang berkantor di Singapura dengan karoseri Adiputro.

Baca Juga: Adiputro, Laksana, Dan Tentrem Siap Ramaikan GIIAS 2023

Dimana dari berbagai sumber informasi yang telah kami himpun, menyebutkan bahwa desain seluruh bagian bus sepenuhnya adalah rancangan yang diajukan oleh pihak Daimler (Singapura).

Dan kemudian diolah kembali oleh karoseri Adiputro dengan berbagai penyesuaian dilakukan agar bus ini dapat sesuai dengan konsep yang diinginkan oleh Daimler Singapura.

Tampilan Eksterior Belakang Dari Tourismo (Gambar Diambil Dari: Lukyalamsyh (Instagram)
Tampilan Eksterior Belakang Dari Tourismo (Gambar Diambil Dari: Lukyalamsyh (Instagram)

Selain itu sebagian besar komponen yang terpasang pada bus model ini kabarnya didatangkan langsung dari Eropa dan komponen tersebut meliputi lampu-lampu hingga model Spionnya.

Sedangkan untuk mendukung operasionalnya sendiri model bus ini dipasangkan pada sasis bus bermesin belakang produksi Mercedes Benz seri OH 1830.

yang mana sasis seri tersebut saat itu menjadi salah satu produk flagship yang dihadirkan oleh Mercedes Benz untuk pasar kendaraan bus Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Singkat Sasis Bus Langka Hino RM380

Terlepas dari semua itu, salah satu alasan kuat mengapa bus model ini hanya diproduksi satu unit saja oleh Adiputro yaitu karena status dari produk tersebut yang masih “Prototipe”.

Itu Dia Informasi mengenai Tourismo Model Bus Misterius Produksi Adiputro, Bagi kamu yang ingin menjadi yang terupdate seputar perkembangan transportasi bisa langsung kunjungi digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top