Mengenal Singkat Sasis Bus Langka Hino RM380

Tampilan Sasis Hino RM380 Milik PO Harapan Jaya (Gambar Diambil Dari: Safari_sragen (Instagram)

Berbicara tentang populasi bus dengan sasis bus langka di indonesia menjadi hal yang menarik, salah satu sasis bus langka tersebut ialah Hino RM 380, maka dari itu mari Mengenal Singkat Sasis Bus Langka Hino RM380 dan kenapa sasis bus tersebut jarang ditemui di jalan Indonesia.

RM 380 merupakan salah satu model sasis bus langka di Indonesia, yang mana sasis model ini kabarnya didatangkan langsung dari negara Jepang dan secara resmi diperlihatkan ke publik pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Mesin Bus Jarang Dimatikan

Sasis bus bermesin belakang tipe RM 380 ini menjadi sasis bus paling bertenaga produksi Hino di Indonesia, yang mana secara spesifikasi sasis model tersebut telah dibekali mesin diesel E13C-UT dengan kubikasi 12.913 cc, 6 silinder dan mampu menghasil tenaga maksimal hingga 380 Ps.

Disamping memiliki keunggulan pada bagian mesin, sasis Hino RM 380 juga termasuk sasis bus tipe space frame, sehingga kapasitas bagasi dari sasis model ini menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan sasis Hino tipe ladder frame.

Selain itu Hino RM 380 juga dapat dipasangkan dengan body bus model Super High Deck (SHD) dengan ketinggian body mencapai 3,9 meter dan sasis bus ini sudah dibekali oleh suspensi udara tipe wide.

Yang mana suspensi model tersebut berfungsi untuk meredam efek guncangan serta body roll yang terjadi selama perjalanan terutama untuk bus yang menggunakan body tinggi seperti SHD.

SPESIFIKASI DARI SASIS HINO RM 380

Model Sasis: Hino RM 380

Suspensi: Suspensi Udara/Air Suspension Tipe Wide

Jumlah Balon Suspensi: 2 balon udara pada poros depan, 4 balon udara pada poros belakang

Gross Vehicle Weight: 18 Ton

Model Mesin: E13C-UT

Jumlah Silinder: 6

Tenaga Maksimal Mesin: 380 ps

Torsi Maksimal: 1950 nm

Transmisi: Transmisi Manual ZF 6S1910BO, Enam Percepatan

Fitur Pendukung: Antilock Braking System (ABS)

SISI LAIN SASIS HINO RM 380

Harapan Jaya merupakan satu-satunya perusahaan otobus di Indonesia yang terlihat mengoperasikan sasis model RM 380 produksi Hino Jepang sebanyak 2 unit.

dan bus dengan sasis model tersebut dioperasikan oleh Harapan Jaya untuk segmentasi layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Dibalik sedikitnya populasi sasis bus Hino RM 380 di tanah air, tidak terlepas dari kebijakan Hino Motors Ltd sebagaimana yang telah disampaikan oleh Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia, Prasetyo Adi Yudho yang kami kutip dari Kompas.

Dimana beliau menyampaikan bahwa peminat dari dari sasis Hino RM 380 di Indonesia cukup baik, namun semua kembali kepada kebijakan Hino Jepang.

Baca Juga: Spesifikasi Bus Timnas Sepak Bola U22 Untuk Keliling Jakarta

dan pada sesi yang berbeda COO Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo mengatakan bahwa pihaknya lebih berfokus pada sasis yang paling banyak terjual atau volume maker di sasis bus Indonesia.

Itu dia pembahasan Singkat tentang Mengenal Singkat Sasis Bus Langka Hino RM380 di Indonesia, bagaimana pendapat kamu mengenai model sasis bus yang satu ini?.

tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar dan kunjungi digitalototransport.com untuk mengetahui lebih jauh seputar perkembangan transportasi.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top