Mengenal BYD K9, Bus Listrik Yang Digunakan Di Indonesia

Bus Listrik Produksi BYD (sumber gambar/Anindra Pratama)

Selain itu, sistem penggerak pada BYD K9 dibekali motor listrik AC Synchronous Motor yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 300 kW dengan torsi puncak 1.100 Nm.

Yang menariknya ialah bus listrik ini telah didukung oleh baterai BYD Iron-Phosphate berkapasitas 342 kWh yang mana teknologi pada baterai jenis ini merupakan teknologi berkelanjutan.

BYD K9 sendiri memiliki daya jelajah mencapai 250 Kilometer dalam sekali pengisian dan mampu berjalan dengan kecepatan sekitar 70 Kilometer Per Jam serta bus listrik ini membutuhkan daya sekitar 1,3 kWh per Kilometernya.

Sebagaimana kita ketahui masalah dari bus listrik tentu terletak pada lamanya waktu pengisian daya pada baterai, pada bus listrik BYD K9 ini untuk mengisi dayanya memerlukan waktu sekitar 4 sampai 5 jam.

meski terkesan lama akan tetapi BYD telah menyediakan sistem pengisian daya cepat jenis “DC plug in”, yang mana apabila menggunakan sistem pengisian ini waktu pengisian daya baterai akan menjadi lebih cepat yaitu hanya memerlukan waktu antara 1,5 hingga 2 jam saja.

Baca Juga: Mengenal Perusahaan Otobus Surya Kencana

Untuk mendukung kenyamanan tentunya bus listrik ini telah menggunakan suspensi udara dan pada sistem pengeremannya BYD K9 sudah menggunakan ABS dan EBD.  

Begitulah pembahasan tentang salah satu Bus Listrik Yang Digunakan Di Indonesia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top