Mengenal BYD K9, Bus Listrik Yang Digunakan Di Indonesia

Bus Listrik Produksi BYD (sumber gambar/Anindra Pratama)

Saat ini Indonesia tengah gencar melakukan transformasi dari kendaraan berbahan bakar konvensional menuju penggunaan kendaraan energi baru terbarukan atau sustainable. Dengan begitu kini salah satu kota dengan populasi terbesar di Indonesia yaitu Jakarta sudah mulai menjajal dan menggunakan bus berenergi listrik dari beragam pabrikan serta pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu Bus Listrik Yang Digunakan Di Indonesia produksi BYD (Tiongkok) yaitu BYD K9.

Baca Juga: Apa Saja Fitur Yang Ada Di Body Bus Laksana Legacy SR3

BYD K9 merupakan bus listrik jenis K-Series produksi BYD Tiongkok, yang mana bus listrik tipe ini telah banyak digunakan oleh negara-negara di Asia bahkan Eropa.

Bus listrik BYD K-Series pertama kali diproduksi pada 30 September 2010 di kota Changsha, provinsi Hunan (Tiongkok).

Kode “K” pada bus BYD sendiri mengartikan bahwasannya bus ini merupakan kategori bus transit perkotaan. Lalu bagaimana dengan spesifikasi BYD K9 yang ada di Indonesia?.

Sebagai negara yang baru menggunakan bus jenis listrik tentu Indonesia masih perlu mempelajari banyak hal mengenai bus dengan energi baru terbarukan ini.

Di Indonesia bus listrik BYD K9 hadir melalui entitas baru dari PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) yaitu PT Vektor Mobility Indonesia yang bekerjasama dengan BYD Tiongkok.

Sebanyak 30 unit bus listrik BYD K9 dioperasikan untuk mengisi sejumlah rute perjalanan TransJakarta Non-BRT. Berikut kami akan mengulas spesifikasi dari bus listrik BYD K9.

Bus listrik BYD K9 low deck dirancang memiliki Panjang mencapai 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,4 meter. Kabarnya bus listrik ini dihadirkan langsung dari Tiongkok, sehingga body bus ini masih asli buatan BYD berjenis B12.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top