Mengenal Body Ecoline Produksi Karoseri Rahayu Santosa

Tampilan model bus Ecoline milik PO Rasa Sayang (Sumber Gambar : Ikhwanr_46 (Instagram)

Setelah sebelumnya kita telah melihat dan membahas beragam model bus produksi karoseri Rahayu Santosa, kali ini kami akan mengajak kamu untuk Mengenal Body Ecoline Produksi Karoseri Rahayu Santosa. Dimana Ecoline sendiri pernah menjadi trending di industri transportasi bus tanah air beberapa tahun lalu.

Ecoline merupakan salah satu model bus produksi karoseri Rahayu Santosa yang telah tampil ke publik sekitar tahun 2015, dan body bus ini telah digunakan oleh banyak perusahaan otobus tanah air seperti Primajasa, Garuda Mas, Antar Lintas Sumatera, Puspa Jaya, hingga Rasa Sayang.

Baca Juga: Beberapa Lokasi Berdirinya Sejumlah Karoseri Bus Di Indonesia

Meski begitu saat ini populasi dari bus model tersebut sudah tidak sebanyak dahulu, Yang mana hal tersebut dikarenakan Karoseri Rahayu Santosa sudah tidak beroperasi lagi.

selain itu saat ini sudah banyak perusahaan otobus langganannya yang mulai beralih ke karoseri lain, sehingga armada bus mereka yang menggunakan model body produksi Rahayu Santosa diubah atau facelift ke model bus terbaru dari karoseri lain.

Disatu sisi Ecoline merupakan model bus yang dirancang untuk segmentasi bus jarak menengah hingga jauh dan PO Rasa Sayang merupakan perusahaan otobus pertama yang menggunakan bus model Ecoline.

serta unit tersebut dioperasikan olehnya untuk mengisi rute perjalanan dari wilayah paling barat pulau Jawa menuju pulau Sumbawa. Dimana rute tersebut juga sangat menguji kualitas kekuatan body bus rancangan karoseri asal bogor ini.

hal itu karena waktu perjalanan dari wilayah paling barat pulau Jawa (Jakarta) menuju pulau Sumbawa (Bima) memerlukan waktu tempuh kurang lebih selama 3 hari dan melakukan penyebrangan menggunakan kapal RORO sebanyak 3 kali.

Selain itu perlu kamu ketahui bahwasannya PO Rasa Sayang merupakan salah satu perusahaan otobus di Indonesia yang memperbolehkan setiap armada busnya menaruh barang maupun paket kargo di bagian atap bus, sehingga kekuatan struktur body akan sangat di uji kekuatannya.

Armada Bus PO MGI Berbodi Ecoline (Sumber Gambar : Bayu Adrianto (Flickr)
Armada Bus PO MGI Berbodi Ecoline (Sumber Gambar : Bayu Adrianto (Flickr)

Secara desain eksterior Ecoline memiliki penampilan yang cukup sporty sebagai bus jarak menengah hingga jauh ditahun tersebut.

tampilan itu paling terlihat pada bagian wajah dari body Ecoline seperti posisi headlamp yang terpasang dengan sudut kemiringan tertentu, model bumper hingga foglamp yang telah dirancang sedemikian rupa.

Baca Juga: Laksana Ekspor Bus Ke Laos, Ini Spesifikasinya

Pada Gambar tampilan sebelumnya kamu akan mengira tampilan tersebut adalah bus bermesin depan, namun nyatanya itu hanyalah desain manipulasi dari karoseri Rahayu Santosa yang diterapkan pada model bus Ecoline dan menurut kami dengan adanya aksen tersebut membuatnya terlihat semakin agresif. Ada yang sependapat?.

Tampilan Samping Body Ecoline Milik PO Garuda Mas (Sumber Gambar : Fastrans22 (Blog)
Tampilan Samping Body Ecoline Milik PO Garuda Mas (Sumber Gambar : Fastrans22 (Blog)

Beralih ke bagian samping dari bus model Ecoline, di bagian ini terdapat elemen selendang yang terpasang memanjang secara vertikal dan semakin keatas dimensi dari selendang tersebut semakin menipis.

serta secara keseluruhan tampilan bagian samping dari Ecoline masih menggunakan Bahasa desain yang hampir sama seperti model bus-bus di era tersebut.

Tampilan Belakang Ecoline Saat Memasuki Terminal Pulo Gebang (Sumber Gambar : Kulo_Aqshal (Instagram)
Tampilan Belakang Ecoline Saat Memasuki Terminal Pulo Gebang (Sumber Gambar : Kulo_Aqshal (Instagram)

Selanjutnya pada bagian belakang dari bus model Ecoline produksi karoseri Rahayu Santosa ini terlihat lebih simpel dan elegan, dengan perpaduan model lampu belakang yang terpasang sedemikian rupa serta terdapat elemen pendukung yang semakin memperkuat kesan tampilan tersebut.

Baca Juga: Beberapa Model Bus Lantai Rendah Dari Berbagai Karoseri

Selain itu meski bus ini didesain oleh Rahayu Santosa untuk model sasis bermesin belakang, namun beberapa perusahaan otobus di Indonesia ada yang memesan model bus Ecoline versi mesin depannya.

Itu dia ulasan kami tentang Mengenal Body Ecoline Produksi Karoseri Rahayu Santosa, apa pendapat kamu mengenai model body ini?. tuliskan di kolom komentar dan kunjungi digitalototransport.com untuk mengetahui lebih banyak hal seputar transportasi.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top