Beberapa Model Bus Lantai Rendah Dari Berbagai Karoseri

Laksana Cityline 3 Low Floor (Sumber Gambar/Dimasfathin_ /Instagram)

Pada artikel kali ini mari membahas Beberapa Model Bus Lantai Rendah Dari Berbagai Karoseri di Indonesia, yang mana Bus berlantai rendah merupakan salah satu model bus yang paling banyak beroperasi di perkotaan.

namun tidak semua kota di Indonesia dapat mengoperasikan bus model ini, Dimana salah satu penyebabnya ialah kondisi jalan yang tidak stabil, di satu sisi saat ini baru terlihat beberapa kota saja yang mengoperasikan bus berlantai rendah seperti Jakarta, Surabaya, dan sebagainya.

Baca Juga: Body Bus Cityline Produksi Karoseri Laksana Dari Masa Ke Masa

Selain itu bus berlantai rendah juga memiliki peran dan fungsi yang cukup penting terutama di kota-kota besar dan berikut beberapa keunggulan dari bus dengan model lantai rendah.

1. Bus dapat berhenti dimana saja, tidak hanya pada halte dengan ketinggian tertentu.

2. Bus berlantai rendah dapat dengan mudah diakses oleh mereka yang memiliki kebutuhan khusus (Disabilitas).

3. Penumpang memiliki visibilitas yang baik untuk melihat objek disekelilingnya, karena bus berlantai rendah mengaplikasikan model kaca berdimensi lebar dan tinggi.

Setelah melihat beberapa keunggulan dari bus berlantai rendah, mari melihat beberapa model bus berlantai rendah dari berbagai perusahaan manufaktur kendaraan komersial di Indonesia.

Adiputro Jetbus Transit (Sumber Gambar/Adiputro_official/Instagram)
Adiputro Jetbus Transit (Sumber Gambar/Adiputro_official/Instagram)

1. JETBUS TRANSIT, ADIPUTRO

Jetbus Transit merupakan model bus medium berlantai rendah produksi karoseri Adiputro yang telah diperkenalkan ke publik pada tahun 2021 lalu.

dan perusahaan dengan merek dagang “OPPAL” menjadi salah satu pengguna pertama Jetbus Transit dengan spesifikasi khusus.

Dimana bus pesanan OPPAL sendiri merupakan varian bus berlantai rendah, yang difungsikan olehnya sebagai studio podcast berjalan.

disisi lain desain dari Jetbus Transit produksi karoseri Adiputro ini memiliki tampilan yang simple dan modern serta terdapat beberapa element pendukung yang meningkatkan kesan nuansa Eropa pada model bus ini.

Disisi lain Jetbus transit sendiri diproduksi dengan mekanisme menyatukan antara body dengan sasis atau biasa disebut sebagai Bus Monocoque.

Baca Juga: Inilah Spesifikasi Bus Legacy SR3 Dengan Fitur Spion Kamera

salah satu keunggulan dari bus dengan konstruksi Monocoque terletak pada bobot kendaraan, Dimana bus Monocoque memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan bus pada umumnya yang dibangun atas dua unsur terpisah yaitu sasis dan body.

dengan bobot yang lebih ringan maka dapat menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar pada bus ini dan usia pakainya kemungkinan akan lebih lama.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top