Mengenal Body Bus Super High Decker Beserta Spesifikasinya

Jetbus 3+ SHD Milik PO Garuda Mas (Sumber Gambar/hisyam_2542)

Kali ini mari Mengenal Body Bus Super High Decker Beserta Spesifikasinya, yang mana dalam Beberapa tahun belakangan ini turut berkontribusi dalam perkembangan transportasi bus di Indonesia.

salah satu sektor yang cukup mempengaruhi perkembangan bus di Indonesia ialah Karoseri, yang terus berinovasi menghadirkan sejumlah model bus dengan beragam spesifikasinya.

Baca Juga: Arctic Model Bus Produksi Karoseri Restu Ibu Pusaka

Salah satu spesifikasi body yang beberapa tahun belakangan ini terus menjadi sorotan ialah bus dengan body Super High Decker (SHD).

body bus dengan jenis SHD ini memiliki beberapa keunggulan mulai dari kapasitas bagasi hingga visibilitas penumpang.

untuk spesifikasi bagasinya sendiri bus dengan model body SHD memiliki selisih tinggi antara 10 sampai 15 cm dari tinggi bagasi bus pada umumnya.

hal inilah yang mempengaruhi posisi kabin penumpang sehingga lebih tinggi, dimana hal tersebut akan memberikan visibilitas yang lebih baik kepada penumpang.

Selain mempengaruhi posisi kabin penumpang, bus dengan model body SHD umumnya memiliki tinggi keseluruhan body sekitar 3,8 meter sampai 3,9 meter.

dengan body yang semakin tinggi tentu akan mempengaruhi body roll, Sehingga bus dengan body SHD tidak dapat diaplikasikan ke semua model sasis.

beberapa faktor yang menyebabkan sasis tersebut tidak dapat dipasangkan body SHD ialah jenis suspensi, tenaga mesin, hingga Gross Vehicle Weight (GVW) dari sasis tersebut.

Untuk model suspensinya sendiri umumnya bus dengan body SHD akan menggunakan suspensi udara tipe wide, yang mana suspensi model ini letak balon udaranya lebih keluar atau berdekatan dengan posisi roda.

sehingga apabila bus melakukan manuver maka suspensi tipe tersebut dinilai lebih stabil jika dibandingkan suspensi udara tipe narrow.

Disisi lain tidak semua karoseri Indonesia menggunakan nama Super High Decker (SHD) untuk mengklasifikasikan body bus produksinya yang memiliki tinggi sekitar tinggi 3,9 meter.

sebagai contoh ialah karoseri Tentrem yang menggunakan istilah H9 (3,9 Meter) untuk mengkategorikan tinggi body buatannya.

Baca Juga: PO Kencana Salah Satu Perusahaan Otobus Dengan Pramugari

Bagaimana Menurut Sahabat Transport setelah Mengenal Body Super High Decker Beserta Spesifikasinya?Bagikan Pendapat Kamu Pada Kolom Komentar.

Nantikan Informasi Seputar Transportasi Lainnya Hanya Di Digitalototransport.Com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top