Mengenal Bandara Kemayoran Yang Merupakan Bandara Internasional Pertama Di Indonesia

Gambar Bandara Kemayoran, Jakarta (Sumber Gambar/ Dok.PPK Kemayoran)

Mengenal Bandara Kemayoran sebagai Bandara Internasional Pertama Di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional secara berjadwal. Landasan bandara ini dibangun pada tahun 1934 yang kemudian diresmikan pada 8 Juli 1940.

Namun beberapa hari sebelum diresmikannya bandara ini, yakni tercatat pada tanggal 6 Juli 1940 maskapai milik perusahaan penerbangan Hindia Belanda KNILM (Koningkelije Nederlands Indische Luchtvaart Maatschapij) mendaratkan pesawatnya yang berjenis DC-03 Dakota dengan nomor registrasi PK-AJW dan direncanakan pada saat itu akan bertolak dari bandara Kemayoran menuju Australia.

Baca Juga: Mengenal Maskapai Garuda Indonesia

Pesawat tersebut sekaligus menjadi pesawat pertama yang menggunakan Bandara Kemayoran. Bandara Kemayoran sendiri berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat (Indonesia).

Bandara ini memiliki dua landasan pacu yang bersilangan, meliputi landasan pacu Utara – Selatan (17-35) dengan dimensi 2.475 x 45 meter dan landasan pacu Barat – Timur (08-26) dengan ukuran 1.850 x 30 meter.

Ladasan pacu tersebut dapat digunakan oleh sejumlah jenis pesawat kala itu seperti Douglas DC-2 Uiver, Douglas DC-3 Dakota, Fokker F.VIIb 3m, Grumman G-21 Goose, de Havilland DH-89 Dragon Rapide, Lockheed L-14 Super Electra, Douglas DC-5 hingga Boeing 377 Stratocruiser.

Seiring berjalannya waktu sekitar tahun 1950-an dimana era penerbangan sipil modern mulai masuk ke Indonesia.

Sejumlah jenis pesawat turboprop mulai hilir mudik dibandara kemayoran tidak hanya penerbangan sipil, berbagai kunjungan kenegaraan pada saat itu mendarat dan lepas landas dibandara ini termasuk pada saat diselenggarakannya acara tingkat internasional yaitu Konferensi Asia‚ÄďAfrika pada tahun 1955.

Selain itu bandara ini juga sempat digunakan sebagai pangkalan militer angkatan udara Indonesia yang menempatkan sejumlah pesawat tempur canggih kala itu seperti MiG-17, MiG-15 UTI, MiG-19, MiG-21, hingga Pesawat pembom strategis Ilyushin Il-28.

Baca Juga: Inilah Bandara Tersibuk Di Dunia

Namun dengan banyaknya faktor baik internal maupun eksternal sehingga Pada tanggal 1 Juni 1984 secara berkala mulai menutup seluruh kegiatan yang ada pada bandara Kemayoran, dan pada 31 Maret 1985 Bandara Kemayoran resmi telah ditutup.

Begitulah pembahasan singkat tentang Mengenal Bandara Kemayoran sebagai Bandara Internasional Pertama, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top