Melihat Spesifikasi Scania Citywide BEV

Tampilan Scania Citywide BEV (Sumber Gambar/ julienghien1)

Sebelum kita membahas tentang Spesifikasi Scania Citywide BEV, mari kita mengenal Scania Citywide terlebih dahulu.

Scania Citywide ialah bus tipe Low Floor dan Low Entry yang diproduksi oleh perusahaan otomotif asal Negara Swedia yaitu Scania. Bus ini telah diperkenalkan serta diproduksi sejak tahun 2011 Lalu.

Scania Citywide sendiri didesain sebagai penerus dari Scania OmniCity dan OmniLink yang mana kedua varian tersebut telah lebih dulu hadir dipasar bus kota Eropa.

Baca Juga: SKYBUS Body Aluminium Produksi Karoseri Nusantara Gemilang

sedangkan secara tampilan kedua varian ini dinilai kurang modern dan kemudian Scania menghadirkan “Citywide” yang desainnya elegan dan modern serta sesuai dengan konsep kota yang modern.

Pabrikan Scania juga menyediakan dua varian dari Scania Citywide yaitu tipe Low Entry yang dibangun pada chasis bus Scania Seri K, sedangkan Low Floor dipasangkan pada chasis Scania Seri N.

Untuk ukuran dimensi Panjang yang ada pada Scania Citywide cukup beragam mulai dari varian LF (Low Floor) yang menawarkan dimensi Panjang bus sekitar 10,9 meter dan 12,0 meter serta pada versi gandengnya memiliki dimensi panjang mencapai 18 Meter.

Selain itu pada varian LE (Low Entry) menawarkan dimensi Panjang bus antara 12 meter dan 14,8 meter, sedangkan pada versi gandengnya mencapai 18,1 meter.

Selain itu Scania juga telah menghadirkan generasi baru dari Scania Citywide yang telah menggunakan energi ramah lingkungan yaitu listrik sebagai sumber energi utamanya.

Scania Citywide BEV pertama kali diperkenalkan pada ajang pameran otomotif dunia yaitu Busworld Europe 2019.

Disisi lain sejak tahun 2018 Scania telah mendirikan fasilitas percobaan bus listrik produksinya yang berpusat di kota Östersund, Swedia dan tempat tersebut sudah dilengkapi fasilitas sistem pengisian daya melalui pantograf.

Pada varian Scania Citywide BEV menawarkan dimensi Panjang mencapai 12 meter, lebar 2,55 dan tinggi 3,27. Bus listrik ini mampu mengangkut sebanyak 95 penumpang dengan konfigurasi duduk dan berdiri, serta terdapat ruang khusus kursi roda.

Scania Citywide BEV dilengkapi dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 300 kW dengan torsi sekitar 200 Nm.

Agar centre of gravity dari Scania Citywide BEV lebih rendah maka baterai-baterai yang ada pada bus ini dibagi menjadi 2 bagian yang diletakan pada atap bus dan bagian overhang belakang.

Hal ini akan memberikan dampak positif saat Bus listrik ini melakukan manuver dijalan sehingga kendaraan tersebut akan tetap stabil.

baca Juga: Apa Fungsi Dari Stiker Julukan Dan Nomor Lambung Pada Bus?

Meski bus ini menggunakan energi listrik sebagai sumber tenaga utamanya yang mana kendaraan listrik dinilai lebih berat karena terdapat sejumlah baterai, namun Scania mengklaim berat dari Scania Citywide BEV sama dengan bus pada umumnya yang menggunakan bahan bakar konvensional.

Selain itu bus listrik produksi Scania tersebut dapat dipasangkan sistem pengisian melalui pantograf.

Scania Citywide BEV diklaim mampu menempuh jarak sekitar 80 hingga 150 kilometer, selain itu Scania juga menjelaskan bahwasannya semua komponen utama seperti baterai dan powertrain telah dirancang dan direkayasa oleh Scania Sehingga dapat mengoptimalkan perfoma dari kendaraan ini.

Demikianlah pembahasan tentang Spesifikasi Scania Citywide BEV, bagaimana menurut sahabat transport? berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top