Keunikan Tata Letak Roda Bus Bagian Belakang

Tampilan Roda ganda belakang pada truck dan bus (Sumber Gambar/yudhablogspot)

Roda merupakan unsur terpenting dari kendaraan yang diperutukan sebagai sistem penggerak maupun penyeimbang saat kendaraan berjalan, Untuk Itu kita akan membahas tentang Keunikan Tata Letak Roda Bus Bagian Belakang.

Selain itu jumlah roda yang digunakan setiap kendaraan berbeda-beda sesuai dengan daya angkut atau beban dari bawaannya, yang meliputi rangka atau Chasis, Body kendaraan, mesin hingga komponen pendukung lainnya.

Baca Juga: Mengenal Perusahaan Otobus Yang Berada Di Sulawesi

Pada kesempatan kali ini kita akan lebih berfokus membahas mengenai roda belakang dari kendaraan bus maupun truck.

Mengapa roda belakang bus berkonfigurasi 2-2?

Seperti yang kita ketahui roda bus bagian belakang memiliki konfigurasi 2-2, hal tersebut bukan tanpa alasan melainkan karena distribusi beban yang lebih besar ke arah belakang sehingga roda bagian belakang menggunakan konfigurasi 2-2 untuk menerima beban lebih salah satunya mesin.

Selain itu apabila penggunaan konfigurasi roda tidak disesuaikan oleh beban yang dibawanya maka dapat membuat roda cepat aus dan dapat memicu terjadinya ledakan pada ban serta dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Tampilan Bus Dengan Chasis Tipe Tronton (Sumber Gambar/Kevin R)
Tampilan Bus Dengan Chasis Tipe Tronton (Sumber Gambar/Kevin R)

Lalu apa fungsi dari roda belakang pada chasis bus tipe tronton?

Roda paling belakang dari chasis bus tipe tronton berfungsi untuk menahan bobot kendaraan salah satunya berat dari mesin, selain itu bus tipe tronton juga memiliki dimensi yang lebih panjang dibandingkan dengan bus pada umumnya.

Baca Juga: SKYBUS Body Aluminium Produksi Karoseri Nusantara Gemilang

Selain berfungsi sebagai salah satu penopang mesin, roda bagian belakang bus tipe tronton juga dapat berbelok yang dikendalikan melalui kemudi, namun roda bagian belakang bus memiliki arah belok yang berlawanan dari roda bagian depan. Hal tersebut berfungsi untuk memperkecil radius putar dari bus dengan tipe tronton.

Nah itulah pembahasan tentang Keunikan Tata Letak Roda Bus Bagian Belakang, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top