Melihat Sejumlah Keunggulan Dari Chasis Volvo B13R

Tampilan mesin dari Chasis Volvo B13R (sumber gambar/wikimedia)

Beberapa waktu lalu pabrikan bus asal Swedia VOLVO baru saja memperkenalkan chasis terbaru produksinya, salah satu yang diperkenalkan yaitu Volvo B13R. untuk itu mari kita bahas tentang Keunggulan Dari Chasis Volvo B13R ini.

Volvo B13R merupakan chasis bus yang dirancang sedemikian rupa agar dapat memberikan kenyamanan perjalanan yang berbeda dan berkesan dengan memperhatikan sejumlah bagian mulai dari pemilihan suspensi, durability chasis, intensitas getaran, hingga tingkat kebisingan.

Baca Juga: Tiga Karoseri Bus Indonesia Siap Pamerkan Inovasinya Di GIIAS 2022

Selain itu Volvo juga telah menyediakan sejumlah varian dari B13R yaitu Volvo B13R 4×2, Volvo B13R 6×2, dan Volvo B13R 6×2 LE (Low Entry) yang mana varian tersebut telah disematkan sejumlah inovasi dan teknologi canggih.

Hal itu tentu dapat menguntungkan baik pengusaha transportasi maupun pengguna layanan transportasi itu sendiri yang dalam hal ini penumpang.

Perbedaan yang paling tersorot dari Volvo B13R 4×2, dan Volvo B13R 6×2 (semua varian) tentu terletak pada permitted gross vehicle weight atau berat beban total yang diperbolehkan oleh pihak produsen.

Pada chasis Volvo B13R 4×2 dengan GVW (gross vehicle weight) mencapai 19,5 Ton sedangkan pada varian Volvo B13R 6×2 GVW yang diperbolehkan sekitar 24,7 hingga 26,5 Ton.

Salah satu faktor perbedaan GVW tersebut ialah terletak pada jumlah axle yang digunakannya oleh setiap varian.

Chasis Volvo B13R sendiri dirancang memiliki dimensi panjang mencapai 10,5 hingga 13,8 meter dan lebar 2,5 meter.

Selain itu chasis ini juga telah dilengkapi oleh mesin diesel Volvo D13K 6 silinder segaris, dan mampu menghasilkan tenaga mulai dari 380 Hp, 420 Hp, 460 Hp, dan 500 Hp tergantung pada varian yang dipilih oleh konsumennya.

Kemudian sistem transmisi pada chasis Volvo B13R masih sama dengan seri lainnya yaitu menggunakan Volvo I-Shift. Hal yang menarik ialah Volvo mendesain chasis bus tersebut dengan mengutamakan kenyamanan maksimal sehingga pada bagian suspensinya dikendalikan secara elektronik.

Baca Juga: Sederet Perusahaan Otobus Yang Identik Dengan Satu Desain Livery

Selain itu pada sistem pengereman Volvo B13R telah disematkan sejumlah fitur canggih mulai dari Volvo Electronically Controlled Disc Brakes dengan Electronic Stability Program dan Volvo Engine Brake serta Brake Blending Function.

Volvo B13R sendiri termasuk ke deretan chasis bus kelas premium yang telah berstandar emisi Euro 6. Tentunya hal ini akan sangat menarik jika chasis ini masuk ke Indonesia dan melengkapi jajaran chasis bus Volvo sebelumnya.  

Nah itulah pembahasan singkat tentang Keunggulan Dari Chasis Volvo B13R, bagaimana menurut pendapat sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top