Tampilan sasis bus Hino RK 280 di Indonesia (Gambar Diambil Dari: Hiba Utama)

Melihat Keunggulan Yang Dimiliki Sasis Hino RK 280 Di Indonesia

Melihat Keunggulan Yang Dimiliki Sasis Hino RK 280 Di Indonesia, yang mana sasis model ini merupakan salah satu sasis bus model terbaru yang dipasarkan oleh Hino.

Yang mana pada tahun 2022, Hino Indonesia secara resmi memperkenalkan sasis bus tipe RK 280 ke publik dan sasis bus model ini merupakan satu dari serangkaian produk terbaru yang dihadirkan oleh Hino untuk pasar kendaraan komersial Indonesia.

Sasis Bus Dengan kode RK sendiri memang beberapa dekade belakangan ini terlihat cukup mendominasi sektor kendaraan bus di tanah air.

Dimana sebelum sasis tipe RK 280 muncul kepermukaan, Hino RK 260 atau sering disebut juga sebagai Hino RK8 telah lebih dulu hadir dan menjadi salah satu sasis bus primadona di Indonesia.

Baca Juga: BUSWORLD 2024 Hadir Kembali Di Jakarta

Meski banyak peminatnya, namun karena adanya regulasi baru yang dikeluarkan oleh pemerintah mengenai standar emisi, turut mendorong Hino untuk mempercepat penghentian pemasaran dari RK 260 di Indonesia.

Dan sebagai jawaban atas perubahan pasar bus di Indonesia, Hino meluncurkan sasis bus bermesin belakang tipe RK 280 yang diatas kertas sudah berstandar emisi Euro 4 dan memiliki fitur yang lebih canggih dibandingkan RK seri sebelumnya.

Sejalan dengan itu, maka pada Hino RK 280 telah terinstal EGR atau Exhaust Gas Recirculation dan Diesel Oxidation Catalyst atau DOC, yang mana keduanya memiliki peran yang sama.

Yaitu untuk menurunkan kadar dalam gas buang yang dihasilkan oleh sistem pembakaran pada mesin, sehingga nantinya kandungan gas buang yang keluar akan jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan sasis bus RK seri sebelumnya.

Selain itu, Hino RK 280 juga menawarkan perfoma mesin yang lebih bertenaga, yang mana sasis bus model ini sendiri dibekali dengan mesin berkapasitas 7.684 cc tipe J08E-WD yang mampu menghasilkan tenaga diangka 280 Ps.

Kemudian tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan tipe MX06, dan mesin tipe J08E-WD juga sudah disematkan fitur ECU.

Disamping itu pada bagian Injektor kabarnya telah dilapisi dengan bahan DLC dan ada juga sistem Valve Baru yang terpasang pada sasis bus Euro 4 Produksi Hino.

Dengan adanya fitur baru ini, Hino Indonesia mengklaim bahwasannya produk Euro 4 mereka memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Selain update pada sistem gas buang dan dapur pacu, Hino juga melakukan penyegaran pada tampilan dashboard kemudi dari Hino RK 280 yang kini tampil lebih kekinian dan informatif.

Disisi lain Hino RK 280 juga sudah menggunakan 10 baut pada rodanya, dan hal itu dinilai lebih baik dalam hal pendistribusian beban, terutama pada saat bus berjalan.

Kemudian Hino RK 280 juga dapat dipasangkan dengan body tipe high deck, yang mana hal tersebut lantaran sasis ini memiliki Gross Vehicle Weight diangka 15,5 ton.

Meski begitu Hino RK 280 dengan standar emisi Euro 4 ini masih menggunakan beberapa konsep dan karakter sasis dari RK seri sebelumnya yaitu RK 260.

Mulai dari konstruksi sasis tipe Ladder Frame yang terus dipertahankan pada sasis bus produksi Hino tipe RK, yang kemudian diaplikasikan juga pada Hino RK 280, sehingga bagasi kiri dan kanan dari bus dengan sasis model ini tidak menyatu.

Selain itu, sasis keluaran terbaru ini juga masih mengandalkan suspensi tipe leaf spring atau sering disebut juga dengan istilah suspensi per daun.

Baca Juga: Ternyata Ini Fungsinya Bus Berlivery Vintage

Terlepas dari itu semua, mari kita lihat ada Perusahaan otobus apa saja yang sudah menggunakan sasis bus tipe RK 280 Euro 4 di Indonesia. Berikut beberapa diantaranya:

1. Aneka Jaya

2. KSM

3.  SUMEX 97

4. Bris Trans

5. Qonita Wisata

6. Barat Trans

7. Lintas Fortuna Nusantara

8. Pasa Trans

9. Nagita Transport

10. Subur Jaya

11. Amalia Trans

12. Kalebas

13. Tividi

14. Arimbi

15. Pesona

16. Dzakki Buana Tour

17. Berlian Jaya

18. Kusuma Indah

19. Putra KSM

20. PHD Trans

21. Sedya Mulya

22. Ramayana

Itu dia ulasan kami mengenai Melihat Keunggulan Yang Dimiliki Sasis Hino RK 280 Di Indonesia dan kunjungi digitalototransport.com untuk update hal baru seputar transportasi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top