Bus Berlivery Vintage Milik PO NPM (Gambar Diambil Dari: ndwisaputra (Instagram)

Ternyata Ini Fungsinya Bus Berlivery Vintage

Ternyata Ini Fungsinya Bus Berlivery Vintage, yang mungkin banyak dari kita belum mengetahuinya.

Livery Lawas kok dipasang pada bus model terbaru?, ini mungkin merupakan sebuah pertanyaan yang sering disampaikan oleh para pecinta bus tanah air saat melihat bus modern yang menggunakan livery lawas.

Dan memang beberapa tahun belakangan ini menjadi tahun dimana terlihat ada cukup banyak Perusahaan otobus yang menggunakan kembali livery model lawasnya ke beberapa armada bus baru miliknya.

Livery model lawas sendiri sering disebut dengan istilah Livery Vintage, dan perlu kamu ketahui juga bahwa tidak semua livery lawas akan digunakan kembali oleh suatu Perusahaan transportasi.

Baca Juga: Ini Dia Fungsi Livery Kamuflase Pada Bus

Hal itu dikarenakan penggunaan kembali sebuah livery model vintage telah didasari atas Sejarah dan Filosofis yang menyelimuti livery tersebut.

Contohnya seperti PO SAN yang menggunakan kembali livery vintage model seperti gambar dibawah atas dasar Sejarah Perusahaannya.

Livery Vintage PO SAN (Gambar Diambil Dari: Dok. Adiputro)
Livery Vintage PO SAN (Gambar Diambil Dari: Dok. Adiputro)

Yang mana livery model tersebut digunakan pertama kali oleh Perusahaan asal Sumatra tersebut pada armada bus besar pertama miliknya, sehingga dengan hadirnya kembali livery model tersebut yang terpasang pada armada bus terbarunya.

Diharapkan dapat membuat Nostalgia para pengguna jasa transportasinya, sekaligus meningkatkan dan menyebarkan semangat membangun Perusahaan kepada seluruh internal Perusahaan transportasi itu sendiri.

Disamping itu biasanya juga Perusahaan transportasi yang menggunakan livery lawasnya kembali, pada dasarnya akan melakukan penyesuaian terlebih dahulu pada konsep dan desain dari livery vintage tersebut.

Sebagai contoh ialah bus dengan livery vintage milik PO NPM atau Naikilah Perusahaan Minang, yang mana livery Vintage dengan motif Matematik yang terpasang pada Jetbus generasi ke 3 pada gambar dibawah sudah mengalami penyesuaian.

Livery Vintage PO NPM bertemakan Matematik (Gambar Diambil Dari: Andimln11_ (Instagram)
Livery Vintage PO NPM bertemakan Matematik (Gambar Diambil Dari: Andimln11_ (Instagram)

Dimana Garis berwarna hijau yang ditunjuk oleh anak panah tidak memanjang hingga ke bagian bumper depannya.

Sedangkan pada livery lawas aslinya corak garis hijau tersebut memanjang dari bagian bumper depan, samping hingga kebagian bumper belakangnya.

Salah satu alasan mengapa livery Vintage tersebut mendapatkan penyesuaian ialah karena setiap model bus memiliki karakter desain body yang berbeda-beda.

Dan atas dasar Estetika maka biasanya livery Vintage tersebut akan melalui tahap penyesuaian terlebih dahulu, baru kemudian dipasangkan pada bus baru miliknya.

Baca Juga: 5 Perusahaan Otobus Dengan Jumlah Bus Terbanyak Di Indonesia

Terlepas dari itu semua, livery vintage pada bus sendiri secara umum memiliki fungsi sebagai media informasi yang bertujuan mengingat atau mengenang Sejarah suatu Perusahaan transportasi.

Setelah kita mengenali apa itu livery vintage pada bus beserta fungsinya, mari kita lihat ada Perusahaan otobus apa saja yang menggunakan livery model Vintage. Berikut beberapa Daftarnya.

1. PO Sumber Alam
2. PO NPM
3. PO SAN
4. PO AKAS MILA (AKAS Group)
5. Mayasari Bakti (Mayasari Group)
6. PO ALS
7. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan livery vintage milik PO Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD)

Itu dia ulasan kami mengenai Ternyata Ini Fungsinya Bus Berlivery Vintage, dan bagi kamu yang menyukai konten pembahasan seputar transportasi bisa kunjungi digitalototransport.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top