5 Perusahaan Otobus Dengan Jumlah Bus Terbanyak Di Indonesia

Jejeran bus produksi Laksana milik PPD (Gambar Diambil Dari: Dok. PPD)

5 Perusahaan Otobus Dengan Jumlah Bus Terbanyak Di Indonesia, PO apa sajakah itu, berikut ulasannya.

Saat ini terlihat ada lebih dari 3 Perusahaan otobus di Indonesia dengan jumlah kepemilikan aset bus diangka ribuan, dan hal itu sejalan dengan meningkatnya jumlah pengguna bus setiap tahunnya.

Disamping itu bus sendiri menjadi salah satu moda transportasi darat yang banyak dari kita mungkin sudah pernah atau bahkan sering mengandalkan transportasi bus untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Selain karena biayanya yang terjangkau, bus juga diminati karena fleksibilitas yang ditawarkannya. Yang mana hingga saat ini transportasi bus dapat berhenti dimana saja, terkecuali bus dalam layanan khusus seperti Transjakarta dan sejenisnya.

Disamping itu populasi bus di Indonesia sendiri pada tahun 2023 saja sudah menyentuh angka lebih dari 212.798 unit bus yang beroperasi diseluruh penjuru negeri.

Berikut daftar Perusahaan otobus dengan jumlah kepemilikan bus terbanyak di Indonesia.

1. DAMRI
Nama DAMRI mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga para pengguna transportasi bus tanah air, yang mana perusahaan otobus milik negara ini merupakan salah satu PO dengan jumlah bus terbanyak di Indonesia.

Bagaimana tidak, PO dengan ciri khas warna putih ini dapat kamu jumpai di Jalan-jalan utama diseluruh Indonesia baik diwilayah perkotaan maupun pedesaan.

Baca Juga: Mengenal JETBUS 1 Adiputro Dan Sejarah Dibaliknya

Selain itu berdasarkan informasi yang kami dapat menyebutkan bahwa perusahaan otobus plat merah tersebut mengoperasikan kurang lebih sebanyak 4.000 an bus yang tersebar di sekitar 700 rute perjalanan di seluruh Indonesia.

2. MAYASARI GRUP
Mayasari Grup bisa dikatakan sebagai salah satu perusahaan transportasi swasta raksasa di Indonesia, yang mana nama dari perusahaan otobus ini sudah sangat familiar terutama di Pulau Jawa.

Mayasari Grub sendiri terdiri atas beberapa perusahaan otobus seperti PO Mayasari Bakti, Primajasa, Maya Gapura Intan (MGI), Doa Ibu, Cahaya Bakti Utama (CBU), Karunia Bakti, Redwhite Star, City Trans Utama, hingga CityMiles.

Disisi lain Mayasari Grup juga merupakan salah satu perusahaan transportasi swasta yang menjadi operator bus layanan Transjakarta, dimana armada yang dioperasikan oleh Perusahaan tersebut pada layanan ini memiliki kode MYS maupun MB.

Dan dengan banyaknya lini bisnis transportasi yang dimiliki oleh Mayasari Grup, maka tidak heran apabila perusahaan otobus swasta ini kabarnya mengoperasikan bus kurang lebih sebanyak 2.000 unit.

3. HIBA GROUP
Perusahaan transportasi bus besar selanjutnya ialah HIBA Group, yang merupakan salah satu perusahaan transportasi bus tertua di pulau Jawa.

Yang mana Perusahaan ini sudah berdiri sekitar 4 tahun setelah Indonesia (1945) memproklamasikan kemerdekaannya yaitu pada tahun 1949.

Hiba Grup sendiri menaungi kurang lebih 10 perusahaan otobus seperti PO Hiba Utama, Laju Prima, Laju Utama, Bela Utama, Murni Jaya, Setia Negara, Asli Prima, Restu Jaya, Pandu Jaya, Hiba Putra, Hiba Prima, Berdikari, Kurnia Jaya, Putri Jaya hingga PO Wanaraja.

Dan dengan banyaknya perusahaan otobus yang dinaungi oleh HIBA GRUP, maka diproyeksikan perusahaan transportasi ini mengoperasikan kurang lebih sebanyak 2.000 unit bus.

4. SINAR JAYA GRUP
Raksasa transportasi selanjutnya ialah Sinar Jaya Grup yang bisa dikatakan sebagai Perusahaan transportasi swasta terbesar ke tiga di Indonesia.

Dimana selain berfokus pada layanan bus reguler dan Pariwisata, Sinar Jaya Grup juga bergerak pada sektor layanan bus antar jemput karyawan.

Yang mana PT Vale Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang sistem angkutan karyawannya dikelola oleh Sinar Jaya.

Selain itu Sinar Jaya Grup sendiri terdiri atas beberapa Perusahaan transportasi seperti PO Sinar Jaya, Daya Melati Indah (DMI), Sinar Shuttle, Sinar Jaya Langgeng Utama atau lebih dikenal sebagai Starbus, dan Sinar Express.

Disisi lain Sinar Jaya Grup juga merupakan salah satu perusahaan transportasi swasta yang berkantor pusat di pulau Jawa pertama yang saat ini sudah melebarkan jangkauan operasionalnya ke kawasan Ibu Kota Nusantara yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Ini Alasan Bus Buatan China Mudah Masuk Indonesia

Dengan banyaknya lini bisnis transportasi dan rute perjalanan yang dimiliki oleh Perusahaan transportasi ini, maka tidak heran jika Sinar Jaya diproyeksikan memiliki kurang lebih sebanyak 1.000 unit bus.

5. AKAS GRUP
Ali Karman Amat Sekeluarga atau AKAS merupakan Perusahaan transportasi yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur.

Yang mana Perusahaan transportasi ini sudah berdiri sekitar tahun 1956 dan bisa katakan juga bahwa AKAS Grup menjadi salah satu Perusahaan otobus primadona diprovinsi Jawa Timur.

Disamping itu AKAS Grup sendiri menaungi lebih dari 7 Perusahaan otobus seperti Akas 1, Akas Green, Akas Asri, Akas N1, Akas NR, Mila Sejahtera, Harapan Kita, Indonesia abadi, Estu Jaya, Anggun Krida, Kurnia Jaya, dan sebagainya.

Sejalan dengan banyaknya perusahaan otobus yang tergabung dalam AKAS Grup maka diperkirakan perusahaan transportasi ini kabarnya mengoperasikan kurang lebih sebanyak 1.000 unit bus.

Itu Dia Ulasan kami mengenai 5 Perusahaan Otobus Dengan Jumlah Bus Terbanyak Di Indonesia, dan bagi kamu yang menyukai konten pembahasan seputar transportasi bisa kunjungi digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top