Karoseri Indonesia Yang Menyematkan Standar Keamanan UNECE R80

Tampilan alat test UNECE R80 milik karoseri Laksana

Standar Keamanan UNECE R80 yang dimana United Nations Economic Commission for Europe (UNECE) adalah organisasi internasional yang menetapkan norma, standar, dan konvensi untuk memfasilitasi kerja sama internasional.

Organisasi tersebut telah menyusun beragam standar untuk seluruh kendaraan dibenua Eropa serta tidak sedikit negara-negara diluar benua tersebut turut menggunakan standar yang dibuat oleh organisasi internasional itu.

Indonesia menjadi salah satu negara dibenua Asia yang turut menggunakan standar UNECE pada kendaraannya mulai dari kendaraan kecil hingga besar.

Pada segmen kendaraan besar seperti transportasi bus yang banyak menuai sorotan dari banyak kalangan, hal ini dikarenakan bus menjadi salah satu transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk berpergian ke suatu daerah tertentu.

Sehingga keamanan dan kenyamanan menjadi fokus utama bagi seluruh pihak yang terlibat dalam mengatur moda transportasi bus mulai dari perusahaan otobus hingga Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Salah satu regulasi yang cukup menarik untuk dibahas ialah UNECE R80 yang merupakan standar pengujian kekuatan kursi yang terpasang pada kendaraan.

Aturan standar ini juga dipergunakan oleh negara-negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), salah satu karoseri ternama Indonesia juga telah menyematkan standar pengujian UNECE R80 pada produknya karoseri tersebut ialah Laksana.

Karoseri ini telah menguji coba kekuatan kursi yang terpasang pada produknya pada tahun 2019 lalu serta memiliki sejumlah alat test berstandar UNECE yang mereka gunakan untuk menjadi standar acuan dalam membuat body bus dan body bus produksi karoseri laksana sudah berstandar UNECE R66.

Baca Juga: Sebanyak 30 Bus Listrik Transjakarta Resmi Beroperasi 

Sehingga body bus yang karoseri ini produksi tidak mengalami deformasi (perubahan bentuk atau ukuran) pada rangka body bus, dengan begitu penumpang bus akan merasa sedikit aman apabila bus mengalami kecelakaan yang mengakibatkan body bus terguling.

Sedangkan pada standar UNECE R80 dipergunakan untuk menguji kekuatan kursi pada kendaraan yang bertujuan untuk mencegah kursi terlepas dari kabin, yang dapat mengakibatkan terjadinya cidera ringan maupun berat pada penumpang bus saat kendaraan melakukan pengereman secara mendadak ataupun menabrak objek didepannya.

Serta dengan adanya standar pengujian kekuatan kursi yang terpasang pada bus dapat meningkatkan kualitas keamanan bagi penggunanya.

Itulah pembahasan singkat tentang standar UNECE R80 yang sudah diterapkan oleh karoseri bus lokal, bagaimana menurut sahabat transportasi? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top