Truck Otonom Scania Melakukan Uji Coba Di Jalan Nasional Swedia

Tampilan truck otonom produksi Scania (sumber gambar/transinfo)

Truck Otonom Scania Melakukan Uji Coba Di Jalan Nasional Swedia yang mana Badan Transportasi Swedia memberikan persetujuan kepada Scania untuk memperluas cakupan rute dan jangkauan pengujian kendaraan otonom di jalan nasional Swedia.

Persetujuan tersebut telah diberikan kepada salah satu produsen kendaraan terkemuka di Swedia yaitu Scania setelah keberhasilannya melakukan uji coba truck otonom dari tempat produksi Scania yang terletak di Södertälje menuju kota Nyköping yang berjarak sekitar 70 kilometer.

Baca Juga: Mengenal Truck Zero Emisi VNR Electric Produksi Volvo

Dengan adanya persetujuan perluasan Kawasan uji coba truck tanpa pengemudi atau otonom maka nantinya truck ini akan melintasi jalan-jalan Lokal dan Nasional antara kota Södertälje dan bagian selatan kota Jönköping yang berjarak sekitar 300 Kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu tiga setengah Jam.

Dengan begitu Scania dapat terus mengembangkan truck otonom produksinya. Scania sendiri telah melakukan eksplorasi teknologi dan mengaplikasikannya pada sektor Kargo serta tambang selama beberapa Dekade terakhir.

Vice President and Head of Autonomous Solutions, Peter Hafmar mengatakan “Sangat menyenangkan memiliki dukungan otoritas transportasi untuk pengoperasian tiga truk otonom yang membawa muatan kargo di semua kategori jalan antara kota Södertälje dan kota Jönköping, dengan adanya Undang-undang tersebut dapat sangat membantu dan hal itu merupakan Langkah maju yang besar bagi kami dan seluruh pekerja kami dimulai dari teknologi otonom”.

Selain itu ia pun menyampaikan meski kendaraan tersebut telah dilengkapi sejumlah sistem yang dapat membuatnya berjalan secara aman namun pihak Scania tetap akan menempatkan seorang pengemudi dibalik kemudinya selama uji coba berlangsung.

Truck otonom ini nantinya akan melintasi jalan kota yang padat akan aktivitas kendaraan dan akan melaju dengan kecepatan sekitar 80 Km/jam.

Meskipun produksi massal dan adopsi kendaraan otonom masih terus dikembangkan, namun momentum menuju teknologi kendaraan tanpa pengemudi semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir.

Yang mana Scania akan tetap mengikuti perkembangan industri kendaraan dunia dan menjadi bagian penting menuju transportasi masa depan.

Saat ini produsen kendaraan di benua Eropa tengah intens melakukan penelitian dan melahirkan inovasi kendaraan masa depan.

Baca Juga: Truck Axor Euro 4 Mulai Diproduksi Tahun 2022

Tidak hanya Eropa saja, beberapa merek kendaraan otomotif di benua Asia juga tengah melakukan hal serupa dan beberapa negara tersebut seperti Korea Selatan, Tiongkok, dan Jepang.

Namun tidak menutup kemungkinan akan hadirnya perusahaan otomotif baru yang akan bersaing dengan produsen kendaraan otomotif dunia lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang Truck Otonom Scania Melakukan Uji Coba Di Jalan Nasional Swedia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top