Transjakarta Gunakan Bus Dari 8 Pabrikan Ini Untuk Layanannya

Barisan Bus Gandeng produksi Ankai (Sumber/Adriansyah Yasin/flickr)

Transjakarta Gunakan Bus Dari 8 Pabrikan Ini Untuk Layanannya Menjangkau Setiap Sisi Jakarta, dimana Transjakarta merupakan layanan moda transportasi bus yang banyak diminati oleh masyarakat Jakarta.

selain murah, pelayanan yang disediakan oleh perusahaan transportasi ini terbilang mumpuni mulai dari kebersihan halte, kebersihan bus hingga kondisi armada yang prima.

Baca Juga: 1.379 Bus Disiagakan Oleh Damri Menjelang Nataru

Berikut merupakan Armada bus dari beberapa pabrikan dunia yang melayani setiap rute transjakarta, walaupun ada armada yang diproduksi atau didatangkan secara CBU (impor bus secara utuh) maupun CKD (body bus diproduksi oleh produsen bus lokal), Armada tersebut yaitu sebagai berikut ini.

Armada Bus Zhongtong Milik PPD (Sumber/Redigest/Blog)
Armada Bus Zhongtong Milik PPD (Sumber/Redigest/Blog)

1. ZHONGTONG

Zhongtong merupakan perusahaan pembuat kendaraan komersial yang berpusat di kota Liaocheng, Tiongkok dan menjadi salah satu produsen bus yang produknya digunakan oleh Transjakarta.

sebut saja bus dengan tipe LCK6180GC yang telah dibekali mesin berstandar emisi Euro 5 dan bus model ini dioperasikan oleh PPD, Damri, serta Transjakarta.

Armada Transjakarta Berode TJ0200 (Sumber/Transjakarta/Website)
Armada Transjakarta Bekode TJ0200 (Sumber/Transjakarta/Website)

2. SCANIA

produsen bus selanjutnya yang digunakan pada layanan Transjakarta ialah Scania, perusahaan asal Swedia ini menjadi salah satu brand kendaraan komersial yang beberapa jenis produknya digunakan oleh Transjakarta.

mulai dari Scania K320IA CNG, Scania K310IB 6×2, Scania K340IA Euro VI, Scania K250UB, K310UB-6X2, hingga K250IB 4×2.

Berdasarkan Informasi yang kami kumpulkan, PT United Tractor selaku distributor eksklusif Scania di Indonesia menyebutkan bahwasannya pada tahun 2015 saja perusahaan ini menjual sebanyak 56 unit sasis Scania tipe Articulated yang telah berstandar emisi Euro 6 kepada operator transjakarta.

Baca Juga: 3 Perusahaan Otobus Ini Mendapatkan Apresiasi Dari Hino

Selain itu PT Transportasi Jakarta dan Mayasari Bhakti ialah beberapa operator bus transjakarta yang mengoperasikan sasis Scania sampai saat ini.

Yutong Milik PT Transportasi Jakarta (Sumber/Adriansyah Yasin/Flickr)
Yutong Milik PT Transportasi Jakarta (Sumber/Adriansyah Yasin/Flickr)

3. YUTONG

Yutong menjadi produsen bus kedua asal Tiongkok yang produknya digunakan oleh Transjakarta, ZK6180HGC ialah model bus produksi Yutong yang dioperasikan pada layanan tersebut.

akan tetapi banyak isu negatif yang menimpa bus pabrikan Tiongkok tersebut, sehingga populasi dari bus ini terus menurun atau mungkin sudah tidak digunakan lagi.

Armada Transjakarta Berkode TJ 474 (Sumber/Wikimedia)
Armada Transjakarta Berkode TJ 474 (Sumber/Wikimedia)

4. MERCEDES BENZ

Mercedes Benz merupakan salah satu produsen kendaraan terbesar di Indonesia dan sasis bus produksi perusahaan asal Jerman ini sudah banyak digunakan baik oleh perusahaan otobus swasta maupun negara termasuk PT Transportasi Jakarta ataupun operator lainnya.

Dalam layanan transjakarta sendiri populasi bus dengan sasis produksi Mercedes Benz terbilang cukup banyak mulai dari tipe OH 1526 NG, 1626 NG A/T, 1626 NG M/T, OC 500 RF 2542, hingga O 500 U 1726 A/T.

Baca Juga: PO Budiman Salah Satu Perusahaan Otobus Asal Tasikmalaya

Bus dengan sasis tipe tersebut dioperasikan oleh sejumlah operator mulai dari PT Transportasi Jakarta, PPD, Mayasari Bakti, Pahala Kencana Transport, hingga Bianglala Metropolitan.

Armada PPD Untuk Layanan Transjakarta (Sumber/Wikimedia)
Armada PPD Untuk Layanan Transjakarta (Sumber/Wikimedia)

5. HINO

Selanjutnya ada pabrikan kendaraan komersial dari Jepang yaitu Hino, perusahaan otomotif yang sudah lama hadir di Indonesia ini merupakan salah satu produsen sasis bus dengan penjualan terbesar dan produk buatannya juga masuk ke dalam jajaran sasis bus yang dioperasikan pada layanan transjakarta.

Hino RK8 R260 ialah model sasis yang dioperasikan oleh beberapa operator layanan transjakarta meliputi Bianglala Metropolitan dan PPD.

Bus Tingkat Wisata Transjakarta Berlivery Tower Bersama Group (Sumber/Pojok-Beteng/Blog)
Bus Tingkat Wisata Transjakarta Berlivery Tower Bersama Group (Sumber/Pojok-Beteng/Blog)

6. MAN

Bagi sahabat transport yang sering ataupun pernah menaiki bus tingkat yang dikelola oleh Transjakarta pasti pernah melihat armada yang menggunakan sasis MAN.

Sasis MAN sendiri cukup banyak dioperasikan pada layanan angkutan wisata yang diberada dibawah naungan PT Transportasi Jakarta.

Baca Juga: Super Bus Model Bus Langka Produksi New Armada

salah satu model sasis yang digunakan ialah MAN R37, serta dalam pengadaan armadanya sendiri Transjakarta bekerjasama dengan sejumlah perusahaan mulai dari CIMB Niaga, Coca-Cola, hingga Nestlé.

SAF 095 Dan SAF 102 Parkir Bersamaan (Sumber/BuswayFansC/Twitter)
SAF 095 Dan SAF 102 Parkir Bersamaan (Sumber/BuswayFansC/Twitter)

7. VOLVO

Selanjutnya ialah Volvo yang mana mayoritas bus transjakarta produksi perusahaan asal Swedia tersebut dioperasikan oleh PT Steady Safe.

salah satu model sasis yang digunakannya ialah Volvo B11R-370 6×2 serta berdasarkan informasi yang kami kumpulkan pada tahun 2017 saja kurang lebih sebanyak 128 unit sasis produksi Volvo akan dioperasikan pada layanan Transjakarta.

Armada Transjakarta Berkode TJ 051 Bus Buatan Ankai (Sumber/Adriansyah Yasin/Flickr)
Armada Transjakarta Berkode TJ 051 Bus Buatan Ankai (Sumber/Adriansyah Yasin/Flickr)

8. ANKAI

Ankai merupakan produsen kendaraan komersial ketiga asal Tiongkok yang produknya pernah dioperasikan pada layanan Transjakarta, akan tetapi jika membahas kiprah dari armada ini tentu tidak terlepas dari isu negatif yang menimpanya.

Dimana bus buatan Ankai ini sempat dikandangkan selama beberapa tahun dan untuk Model bus produksi Ankai yang beroperasi di layanan Transjakarta ialah Ankai Bus HFF6180G02D.

Baca Juga: 5 Perusahaan Otobus Asal Jepara Jawa Tengah

Bagaimana Menurut Sahabat Transport Tentang Transjakarta Gunakan Bus Dari 8 Pabrikan Ini Untuk Layanannya?

Bagikan Pendapatmu Dikolom Komentar Dibawah Dan Nantikan Informasi Seputar Transportasi Lainnya Hanya Di Digitalototransport.Com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top