Sejarah Karoseri Tentrem Malang Hingga Kini

Tampilan Kawasan Karoseri Tentrem (sumber gambar/tentrembus)

Pada kesempatan kali ini mari mengenal lebih dekat salah satu karoseri bus terbaik di Indonesia yang memiliki sejarah cukup panjang, ini dia Sejarah Karoseri Tentrem Malang, Jawa Timur.

Tentrem Bus and Coach Merupakan salah satu karoseri bus yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Karoseri ini telah dirintis oleh Bapak Tatang Wahyudi sejak tahun 1983 silam.

Baca Juga: Crash Test Salah Satu standar Keamanan Kendaraan Di Dunia

Awalnya karoseri ini hanya difungsikan sebagai bengkel perawatan untuk perbaikan body dan mesin dari armada bus PO Tentrem.

Seiring berjalannya waktu hingga pada tahun 1987 divisi maintenance ini cukup dikenal oleh masyarakat, hal tersebut dikarenakan kehandalan dan kemampuannya dalam menjaga serta merawat armada bus milik PO Tentrem agar tetap prima.

Disisi lain, Bapak Tatang Wahyudi mulai memutuskan untuk menerima permintaan dari perusahaan otobus lain yang membutuhkan jasa perbaikan body bus dan perawatan lainnya, serta hal inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan manufaktur kendaraan bus.

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada 1991, Bapak Tatang Wahyudi resmi mendirikan PT Tentrem Sejahtera yang berfokus pada sektor manufaktur kendaraan bus.

Setelah itu Karoseri Tentrem terus berinovasi dan mengembangkan serta terus meningkatkan kualitas dari produknya, sehingga karoseri ini berhasil mendapatkan sertifikat resmi dari Mercedes-Benz untuk standarisasi membangun body bus di atas sasis bus buatannya.

Body Scorpion King Dibangun Pada Sasis Scania (Sumber Gambar/Busharapanjaya)
Body Scorpion King Dibangun Pada Sasis Scania (Sumber Gambar/Busharapanjaya)

Hal lainnya yaitu Tentrem juga merupakan salah satu karoseri pertama yang dapat membangun body bus diatas sasis Scania K380iB.

Sepanjang perjalanannya karoseri ini telah berhasil memperkenalkan beragam varian body bus yang berhasil menarik banyak peminat dan desain body buatan karoseri ini tetap enak dilihat meskipun body tersebut telah diperkenalkan beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Kilas Sejarah Dan Kemajuan Bus Gandeng Di Dunia

Terlebih lagi tidak sedikit body bus buatan karoseri tentrem yang cukup fenomenal dan digunakan oleh banyak perusahaan otobus di Indonesia mulai dari body Jupiter, Galaxy Series, Scorpion series, Hingga yang terbaru dan masih diproduksi sampai saat ini yaitu Avante Series.   

itulah Sejarah Karoseri Tentrem Malang, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top